Bandarlampung (ANTARA) - Dua orang pasien dalam pengawasan (PDP) di Rumah Sakit Umum Abdoel Moeloek Provinsi Lampung dinyatakan positif COVID-19, dan pasien pertama COVID-19 dinyatakan membaik.

"Saya ingin menginformasikan keadaan terkini di Provinsi Lampung setelah kami dihubungi langsung oleh Kementerian, ada penambahan dua pasien PDP yang terkonfirmasi positif COVID-19 jadi total ada tiga orang positif COVID-19, " ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan, dua pasien terkonfirmasi positif COVID-19 saat ini tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Abdoel Moeloek sebagai salah satu rumah sakit rujukan COVID-19.

Baca juga: Lampung minta 30 rumah sakit sediakan ruang isolasi

"Pasien kedua terkonfirmasi positif COVID-19 merupakan pasien PDP berumur 35 tahun, laki-laki dan memiliki riwayat perjalanan ke Yogyakarta, sedangkan pasien nomor tiga memiliki riwayat kontak dengan orang asing, semua pasien saat ini tengah menjalani perawatan di RSUAM," ucapnya.

Menurutnya, keadaan kedua pasien sedikit mengalami penurunan, namun di sisi lain satu PDP (01) positif COVID-19 mulai membaik.

"Kita akan terus berusaha merawat pasien dan terus mendoakan, meskipun kondisi dua pasien saat ini mengalami sedikit penurunan, akan tetapi kita juga harus bersyukur sebab pasien PDP pertama yang terkonfirmasi positif COVID-19 kondisinya saat ini berangsur membaik, " katanya.

Ia menjelaskan, kasus positif COVID-19 kedua dan ketiga di Provinsi Lampung bukanlah transmisi lokal sehingga pemerintah Provinsi Lampung akan terus memperketat protokol kesehatan serta edukasi bagi pendatang.

Baca juga: Polda Lampung tangkap penyebar hoaks pasien COVID-19 meninggal dunia

"Lampung merupakan pintu gerbang Pulau Sumatera, ada kemungkinan terjadi eskalasi penyakit pun kita tidak tahu sehingga perlu peran serta masyarakat untuk mencegah dengan cara jangan bepergian ke luar Lampung dan tetap berada di rumah, " katanya.

Perkembangan kasus COVID-19 pada hari ini di Provinsi Lampung, terdapat tiga orang pasien dalam pengawasan (PDP) terkonfirmasi positif COVID-19, terdapat 15 orang  PDP, ada 294 orang dalam pemantauan (ODP), serta 3 orang dinyatakan negatif yang diperbolehkan untuk pulang ke rumah.

Baca juga: Kondisi pasien positif COVID-19 di Lampung stabil
Baca juga: Wagub Lampung gelar rapat koordinasi penanganan COVID-19
Baca juga: Bandara Lampung terapkan jaga jarak cegah penyebaran COVID-19

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020