Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) bersama Sugar Group Companies (SGC) menggelar operasi pasar stok pangan dalam rangka gerakan stabilisasi pangan di wilayah DKI Jakarta dan Banten dalam rangka menghadapi penyebaran virus COVID-19.

Direktur SGC Irwan Ang dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat mengatakan SGC menyiapkan 10 ton per hari untuk membantu operasi pasar dan siap menambah pasokan jika jumlah itu dirasa masih kurang.

Baca juga: Polisi dalami dugaan penimbunan gula

Harga GULAKU dijual Rp12.500 per kilogram sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang dipatok pemerintah dan jauh lebih rendah dari harga di pasaran yang menyentuh Rp18.000 per kilogram.

"Dalam program ini masyarakat dapat membeli maksimum 2 kilogram per transaksi," kata Irwan.

SGC setiap tahunnya memiliki perencanaan soal ketersediaan stok menghadapi Bulan Ramadan dan lebaran, termasuk pada 2020 sehingga tidak terjadi kekurangan pasokan gula.

Operasi pasar stok pangan merupakan komitmen SGC bersama Bulog dalam menjaga stabilisasi ketersediaan bahan pokok makanan bagi masyarakat saat terjadi pembatasan kegiatan menghadapi pandemi virus Covid-19.

Baca juga: Operasi Pasar Bulog hadir di Pasar Pondok Labu

Operasi pasar digelar pada 35 titik pasar mulai dari 18-24 Maret 2020.

Pada operasi pasar yang diadakan di Pasar Palmerah dihadiri Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Nana Sudjana, Direktur SGC Irwan Ang dan Yusuf Sumartha serta pelaksana tugas Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, dan Kepala Bulog Divisi Regional DKI Jakarta dan Banten Fahrurozi.

Irjen Pol. Nana Sudjana mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi terkait isu kelangkaan bahan pokok. Dirinya memastikan bahan pangan yang ada saat ini mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Perlu saya sampaikan ketersediaan pangan mempunyai stok yang lebih dari cukup, jadi masyarakat tidak perlu resah dengan adanya isu-isu yang beredar, stok masih lebih dari cukup," jelas Nana.

Baca juga: Stabilisasi harga, Bulog gelontorkan stok beras-gula di lima pasar DKI

Adapun jadwal dan wilayah operasi pasar Sabtu (21/3) hingga Selasa (24/3), sedangkan 22 Maret 2020 di Pasar Ciracas, Pasar Lenteng Agung, Pasar Joharbaru, Pasar Rawa Badak, Pasar Asem Reges.

Pada 23 Maret 2020 di Pasar Palmeriam, Kantor Kelurahan Bukit Duri, Kantor Kecamatan Tanah Abang, Pasar Pademangan Barat, Pasar Tambora

Serta 24 Maret 2020 di Pasar Pondok Bambu, Pasar Bukit Duri, Pasar Gondangdia, Pasar Tugu dan Pasar Slipi.

Pewarta: Fauzi
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2020