Jadi jangan ikutan kenapa daerah lain sudah libur kita tidak. Kita kaji betul apakah dampaknya jika libur dan belajar dari rumah
Gorontalo (ANTARA) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama seluruh pimpinan dinas, badan, dan lembaga di lingkungan Pemprov Gorontalo mencanangkan aksi "Gorontalo Bergerak Cegah Corona", Jumat.

Gerakan itu ditandai dengan aksi bersih-bersih rumah, tempat ibadah, dan lingkungan sekitar serta penyemprotan disinfektan.

"Gerakan ini untuk mengantisipasi dan melawan corona. Kita bikin aksi ini serentak di Provinsi Gorontalo, yang harus diikuti para bupati, wali kota, camat, dan dusun serta partisipasi masyarakat," kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di Gorontalo, Jumat.

Ia kembali mengingatkan masyarakat tidak usah terlalu panik dengan penyebaran virus corona selama menghadapinya dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, terutama cuci tangan menggunakan sabun, dan rajin membersihkan lingkungan.

Baca juga: Antisipasi penyebaran COVID-19, Kantor LPSK disemprot disinfektan

Dia mengatakan terkait libur sebaiknya disesuaikan dengan kondisi daerah masing masing.

"Terkait sekolah khususnya, untuk SMA/SMK lagi kita kaji hari ini. Kalau tim putuskan libur ya diliburkan. Bukan libur juga namanya, tapi belajar dari rumah. Jadi jangan ikutan kenapa daerah lain sudah libur kita tidak. Kita kaji betul apakah dampaknya jika libur dan belajar dari rumah," tambahnya.

Gubernur Rusli Habibie berencana menggalakkan aksi bersih-bersih tersebut.

Aksi itu juga sebagai langkah menyosialisasikan kepada masyarakat luas segala sesuatu mengenai virus corona.

Baca juga: PMI bentuk 2000 lebih tim semprot disinfektan cegah COVID-19
Baca juga: Bupati Lumajang instruksikan semprot tempat ibadah dengan disinfektan

Pewarta: Debby H. Mano
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020