Kendari (ANTARA) - Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Nurul Arifin menyatakan bahwa Partai Golongan Karya yang memiliki keunggulan struktur yang kuat dan sumber daya manusia handal dalam kancah politik harus tetap mewaspadai pembusukan dari internal.

"Sejarah perjalanan politik Partai Golkar penuh dengan dinamika yang bervariasi. Semua cobaan yang menerpa partai penguasa di era Orde Baru itu dilalui penuh perjuangan oleh segenap kader-kadernya," kata Nurul Arifin saat menghadiri Musda X Partai Golkar di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Segenap kader Partai Golkar tidak boleh merasa puas dengan identitas partai tertua di Republik ini karena selalu saja ada goncangan-goncangan yang menguji dedikasi dan loyalitas para kadernya.

Baca juga: Golkar akan usung Airlangga Hartarto dalam Pilpres 2024

"Benar bahwa Partai Golkar adalah partai yang disegani, partai yang tangguh karena strukturnya tertata dan sumber daya manusia handal maka berbanggalah menjadi kader Partai Golkar," katanya.

Namun, sebagai kader dan pengurus harus tetap waspada terhadap cobaan yang datangnya dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal) karena sesungguhnya denyut kompetisi tidak pernah berhenti.

Oleh karena itu, Nurul Arifin mengajak segenap kader Partai Golkar bersama-sama menjaga soliditas dan menjunjung tinggi kehormatan partai untuk mewujudkan cita-cita bersama.

Meskipun pemilihan legislatif dan pemilihan presiden tahun 2024 tetapi konsolidasi pengurus dan kader mulai tingkat pusat hingga desa/kelurahan tidak boleh berhenti.

Secara terpisah mantan Ketua Golkar Sultra Ridwan Bae mengatakan kader militan Golkar tidak mengenal waktu untuk memperjuangkan kepentingan dan kebutuhan rakyat.

"Esensi dari politik adalah merebut kekuasaan untuk digunakan sebesar-besarnnya untuk kepentingan rakyat. Spirit ini harus tertanam dalam sanubari setiap kader Partai Golkar," kata Ridwan yang juga unsur pimpinan Komisi V DPR RI.

Ia mengakui ujian terberat memimpin partai Golkar adalah menyolitkan jajaran pengurus, menjaga harmonisasi kader satu dengan yang lain sehingga menjadi satu kesatuan yang kuat.

Baca juga: Surya Paloh minta legislatif sikapi putusan MK soal pemilu serentak
Baca juga: Airlangga sebut setelah NasDem, ada rencana bertemu PAN

Pewarta: Sarjono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020