Jakarta (ANTARA News) - PT Indika Energy Tbk (Indika) menuntaskan akuisisi 81,95 persen saham PT Petrosea dari Clough Internasional Singapore Pte Ltd dengan nilai sekitar 83,8 juta dolar AS.

"Kesepakatan jual beli akan ditandatangani pada 31 Maret 2009, sedangkan pembayaran dilakukan sekitar pertengahan tahun ini," kata Direktur Utama Indika Energy, M Arsjad Rasjid, dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis, malam.

Arsyad menjelaskan, akuisisi tersebut sejalan dengan strategi pertumbuhan serta memberi nilai tambah bagai perusahaan di bidang pertambangan batubara.

Selain itu akuisisi juga dalam rangka diversifikasi investasi di sektor sumber daya energi, jasa energi dan infrastruktur energi.

Petrosea yang didirikan sejak 1972, salah satu perusahaan terkemuka di bidang teknik dan konstruksi pengoperasian tambang dan logistik lepas pantai.

"Kemampuan Petrosea di bidang pertambangan akan menambah kapasitas Indika untuk menjadi pemain utama di sektor energi," katanya.

Ia menambahkan, karyawan Petrosea yang berjumlah sekitar 2.000 orang merupakan rekan kerja baru bagi Indika yang dapat membantu memfasilitasi sinergi yang lebih baik dalam jaringan infrastruktur demi memaksimalkan pelayanan kepada klien.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009