Bandara Juanda sediakan "hand sanitizer" untuk penumpang

Bandara Juanda sediakan

Salah seorang penumpang di Bandara Internasional Juanda Surabaya memanfaatkan layanan pencuci tangan yang tersedia di sejumlah titik. ANTARA/Indra

Sidoarjo (ANTARA) - Petugas Bandara Internasional Juanda Surabaya menyediakan cairan pencuci tangan (hand sanitizer) kepada para penumpang sebagai upaya untuk membantu membersihkan tangan selama di bandara.

Legal and Communication Section Head PT Angkasa Pura I Juanda Yuristo, Selasa mengatakan, cairan cuci tangan itu ditempatkan di beberapa titik strategis yang mudah dijangkau oleh penumpang.

"Seperti di tempat pemeriksaan KKP, di depan ruang isolasi KKP, tempat informasi dan  di beberapa tenant di Bandara Juanda juga disediakan cairan pencuci tangan itu," katanya di Bandara Internasional Juanda Surabaya, di Sidoarjo, Jatim.

Baca juga: Fasilitas observasi ABK Diamond Princess dipastikan siap digunakan
Baca juga: Pemprov minta warga percayakan penanganan COVID-19 kepada pemerintah


Ia mengemukakan, cairan pembersih tangan itu hanya satu dari sekian upaya mencegah penyebaran COVID-19.

"Kami juga menyediakan sabun cuci tangan di masing-masing toilet bandara sehingga penumpang bisa langsung mencuci tangan mereka selesai dari toilet," katanya.

Petugas yang melayani penumpang secara langsung di Juanda, kata dia, sebelumnya telah diinstruksikan untuk menggunakan alat pelindung diri seperti masker.

Baca juga: Wagub: Layanan pasien diduga corona diarahkan ke RSUP M. Jamil Padang
Baca juga: KBRI Kuala Lumpur kawal proses pemulangan 560 jamaah umroh
Baca juga: RS di Tangerang diminta siapkan ruang isolasi khusus terkait corona


"Kami juga terus berkoordinasi lintas sektoral baik itu dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya dan juga pihak TNI AL jika memang nantinya ditemukan ada penumpang yang sakit," katanya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya Muhammad Budi Hidayat mengatakan jika pengawasan penumpang di Bandara Internasional Juanda Surabaya sudah sesuai dengan standar operasi prosedur (SOP) sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona di bandara setempat.

"Pengawasan sudah dilakukan sesuai dengan standar, mulai pemeriksaan suhu tubuh penumpang sampai dengan pengisian kartu kesehatan," katanya saat dikonfirmasi di Bandara Internasional Juanda Surabaya, di Sidoarjo Jawa Timur.

Baca juga: Wali Kota Jakbar minta warga tak panik waspadai corona
Baca juga: RSHS Bandung siapkan 12 ruang isolasi untuk pasien COVID-19
Baca juga: Kemkes: 67 dari 69 WNI ABK Diamond Princess negatif COVID-19
Pewarta : Indra Setiawan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020