Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menekankan pentingnya optimalisasi inovasi oleh petugas pemadam dalam upaya pencegahan dan penanggulangan musibah kebakaran di Jakarta.

"Dalam waktu satu abad ini, berbagai kejadian kebakaran telah terjadi di kota kita," kata Anies alam menyambut peringatan ulang tahun ke-101 Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat) DKI Jakarta, Ahad.

Dia bersyukur bahwa adanya Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan yang tidak ternilai perannya telah berhasil mencegah dan mengurangi dampak yang lebih besar dari kejadian-kejadian peristiwa kebakaran itu.

Di tengah perkembangan Kota Jakarta yang makin dinamis, potensi ancaman makin besar. "Karena itu, kita harus selalu lakukan inovasi dan serius untuk memikirkan dan menyiapkan langkah-langkah terbaik untuk pencegahan," kata Anies.

Anies yang menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-101 Dinas Gulkarmat di Jalan Kyai H Zainul Arifin Nomor 71, Duri Pulo, Gambir, Jakarta Pusat, juga menegaskan, para petugas Disgulkarmat harus memiliki kemauan untuk terus-menerus meningkatkan kemampuan diri dan belajar mencari cara untuk mengerjakan perubahan ke arah lebih baik.

Baca juga: Damkar Jakarta Timur evakuasi 17 orang terjebak dalam lift

Tantangan musibah di tengah masyarakat saat ini mengharuskan inovasi muncul melalui perspektif baru dan peningkatan kinerja melalui siklus pengalaman-pelajaran-pelaksanaan.

"Saya ingin sampaikan bahwa di saat musibah terjadi, mayoritas kita menjauhi lokasi musibah. Tapi saudara-saudara mendatangi lokasi musibah," kara Anies.

"Saudara-saudara hadir di sana, menyelesaikan musibah menjadi operasi penyelamatan. Kepada saudara-saudara, kita sampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya," ujar Anies.

Anies menuturkan banyak musibah kebakaran di Jakarta akibat kelalaian penggunaan bahan bakar (gas maupun minyak) ataupun hubungan pendek arus listrik.

"Karena itu saya berharap para petugas Disgulkarmat dapat terus melakukan upaya pencegahan melalui sosialisasi dan gerakan mengajak perubahan perilaku pengelolaan aliran listrik di seluruh permukiman warga hingga ke setiap kampung Jakarta," kata Anies.

Baca juga: DKI rencanakan tambah robot Damkar 2020

Dalam acara peringatan 101 hari lahir Dinas Gulkarmat DKI Jakarta itu, Anies juga memberikan penghargaan kepada sejumlah pihak yang telah berjasa dalam upaya penanggulangan kebakaran dan penyelamatan di wilayah Jakarta, yaitu:

1. Yulianto S. Nugroho sebagai Wakil Ketua Forum Komunikasi Kebakaran Provinsi DKI Jakarta;
2. Koesnanto sebagai anggota Satgas Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Jambi pada tanggal 16 September 2019 sampai 3 Oktober 2019;
3. Gatot Sulaiman sebagai peserta Skill Competition Singapura tahun 2019;
4. Sihono sebagai tokoh masyarakat peduli kebakaran kota administrasi Jakarta Pusat;
5. Manlian Ronald A. Simanjuntak sebagai akademisi peduli kebakaran;
6. Alm. Waryo B. Tasdik sebagai petugas pemadam kebakaran yang gugur pada saat melaksanakan tugas;
7. PT. Citra Marga Nusaphala Persada atas kontribusinya dengan membuat pos pemadam kebakaran di Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020