Mengingat perbaikan dalam situasi epidemiologis di China, penduduk Moskow dan orang-orang China yang tinggal di Moskow akan khawatir dan tidak akan mengerti, dan itu akan merusak atmosfer yang baik untuk mengembangkan hubungan China-Rusia.
Moskow (ANTARA) - Kedutaan Besar China di Rusia telah menuntut otoritas di Moskow untuk mengakhiri apa yang disebut sebagai langkah-langkah diskriminatif anti-virus corona terhadap warga negara China, dan mengatakan mereka telah merusak hubungan dan menimbulkan kekhawatiran warga China yang berada di ibu kota Rusia.

Keluhan yang disampaikan melalui surat kedutaan kepada pemerintah kota dan diterbitkan oleh surat kabar Rusia Novaya Gazeta Selasa malam (25/2), menyesalkan apa yang disebutnya "pemantauan di mana-mana" terhadap warga negara China, termasuk pada transportasi umum di Moskow.

Rusia, yang menikmati hubungan politik dan militer yang kuat dengan Beijing, saat ini tidak memiliki kasus virus corona yang terkonfirmasi, tetapi untuk sementara waktu melarang banyak kategori warga negara China memasuki negara itu.

Pihak berwenang di Moskow juga telah melakukan penggerebekan terhadap kemungkinan pembawa virus--- baik terhadap individu di rumah atau hotel mereka---dan menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk menegakkan tindakan karantina.

Surat kedutaan besar China mengikuti laporan media lokal yang belum dikonfirmasi bahwa Mosgortrans, yang mengelola jaringan bus, kereta trem, dan trem Moskow yang sangat luas, telah mengatakan kepada pengemudi untuk mencoba mengidentifikasi penumpang China dan memberitahu polisi tentang keberadaan mereka.

"Pemantauan khusus warga negara China pada transportasi umum Moskow tidak ada di negara mana pun, bahkan di Amerika Serikat dan di negara-negara barat," demikian bunyi surat Kedutaan Besar China, tertanggal 24 Februari.

Baca juga: Rusia gunakan pengenal wajah untuk karantina virus corona
Baca juga: Rusia perkirakan tak ada penyebaran luas virus COVID-19
Baca juga: Rusia perbolehkan keluar RS WN China kedua yang sembuh dari corona


"Mengingat perbaikan dalam situasi epidemiologis di China, penduduk Moskow dan orang-orang China yang tinggal di Moskow akan khawatir dan tidak akan mengerti, dan itu akan merusak atmosfer yang baik untuk mengembangkan hubungan China-Rusia."

Kedutaan mengatakan mereka meminta pihak berwenang Moskow untuk menahan diri dari apa yang disebutnya tindakan berlebihan, dan melakukan "tindakan proporsional dan non-diskriminatif" sebagai gantinya.

Kremlin mengatakan tidak mengetahui surat kedutaan itu, tetapi Moskow menghargai hubungannya dengan Beijing dan seharusnya tidak ada tindakan diskriminatif terhadap warga negara China.

Kementerian Luar Negeri Rusia, pemerintah kota Moskow, dan perwakilan Kedutaan Besar China tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan minggu ini bahwa empat orang Taiwan yang berkunjung ke Moskow dijemput oleh polisi dan petugas kesehatan karena mengenakan topeng dan dikira sebagai orang China, dan dikarantina secara paksa.

Sejauh ini Rusia memiliki dua kasus virus korona. Keduanya adalah warga negara China yang telah pulih dan dibebaskan dari rumah sakit.

Asia melaporkan ratusan kasus baru pada Rabu, termasuk tentara AS pertama yang terinfeksi, seiring peringatan AS akan pandemi yang tak terhindarkan, dan wabah di Italia dan Iran menyebar ke lebih banyak negara.

Sumber: Reuters

Baca juga: Rusia pulangkan warganya dari Wuhan
Baca juga: Menlu Rusia-China bahas kerja sama perangi virus corona baru


 

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020