Pangkalan Udara TNI AU El Tari di Kupang naik status jadi tipe A

Pangkalan Udara TNI AU El Tari di Kupang naik status jadi tipe A

Dokumentasi Panglima TNI, Hadi Tjahjanto, saat tiba di Pangkalan Udara TNI AU El Tari, di Kupang. Ia hadir di pangkalan udara TNI AU itu bersama Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Idham Aziz, untuk suatu kunjungan kerja. ANTARA/Kornelis Kaha

Kupang (ANTARA) - Pangkalan Udara El Tari di Kupang, Nusa Tenggara Timur, kini telah menjadi pangkalan udara TNI AU tipe A, dipimpin seorang perwira tinggi dengan pangkat bintang satu.

Komandan Pangkalan Udara TNI AU El Tari, Kolonel Penerbang Agus Setiawan ketika ditemui wartawan usai mengikuti kegiatan pembukaan pelatihan pertolongan pada ketinggian di Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Jumat (21/2/2020), mengatakan, peningkatan status Pangkalan Udara TNI AU El Tari sudah ditetapkan dalam keputusan presiden.

Baca juga: TNI tak ingin ada Natuna kedua di perairan NTT

"Peraturan Presiden sudah ada dan status Pangkalan Udara TNI AU El Tari di Kupang naik menjadi tipe A. Komandannya nanti dipimpin seorang marsekal pertama," kata Setiawan.

Ia mengatakan, berbarengan dengan peningkatan status itu, maka akan diikuti dengan penambahan personil dan fasilitas dukungan operasi. Pangkalan udara tipe A memiliki organisasi yang lebih besar ketimbang yang tipe B, di antaranya terdapat beberapa skuadron udara dan skuadron teknik serta depo pemeliharaan, hingga detasemen satuan Pasukan Khas TNI AU dan satuan Polisi Militer TNI AU. 

Baca juga: Pangkalan TNI AU Eltari pamerkan empat Suhoi Su-30 bagi publik

Pangkalan Udara TNI AU El Tari mengambil nama Gubernur NTT (saat itu), Elijas Tari (kelahiran Pulau Sabu, 18 April 1926 dan wafat di Kupang, 29 April 1978), dengan masa jabatan pada 12 Juli 1966 hingga wafat. Kawasan Pangkalan Udara TNI AU El Tari hingga kini dikenal dengan nama Penfui dan secara administratif pemerintahan adalah Kecamatan Penfui di Kupang. 

Adapun landas pacu Pangkalan Udara TNI AU El Tari dipergunakan bersama dengan Bandar Udara Internasional El Tari untuk kepentingan penerbangan sipil dan komersial. 

Baca juga: Pangkalan Udara TNI AU Eltari Kupang jadi basis latihan terbang internasional
Pewarta : Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020