Kita menargetkan penanaman jambu mete dengan sebanyak 589.200 batang atau sekitar 723 hektare dan mangrove sebanyak 613.500 batang atau 185,9 hektare
Belitung (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan meluncurkan gerakan penanaman mangrove dan jambu mete di Pantai Tanjung Rusa Belitung Timur, guna meningkatkan kualitas lingkungan di kawasan destinasi wisata itu.

"Saya mengapresiasi semua pihak yang terlibat atas komitmen dan kerja samanya dalam peningkatan kualitas lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat, semoga gerakan ini memberikan manfaat," kata Erzaldi Rosman Djohan di Pantai Tanjung Rusa, Sabtu.

Ia mengatakan gerakan penanaman mangrove dan jambu mete di kawasan bekas penambangan bijih timah dan penebangan hutan liar itu sebagai rangkaian menyambut Hari Mangrove Sedunia pada Juni 2020, sehingga dapat mengurangi dampak bencana alam dan kerusakan lingkungan.

"Saya menyambut baik kegiatan ini, karena gerakan penanaman mangrove dan jambu mete dalam rangka rehabilitasi hutan dan lahan menuju Hari Mangrove Sedunia ini, melibatkan masyarakat dan pihak terkait lainnya,"ujar Erzaldi Rosman.

Menurut dia, rehabilitasi di dalam dan di luar kawasan hutan merupakan upaya pemerintah dalam memulihkan, mempertahankan, dan meningkatkan fungsi hutan serta lahan, sehingga daya dukung sistem penyangga kehidupan tetap terjaga.

"Jambu mete yang merupakan tanaman konservasi yang bernilai ekonomis, saat ini sedang dikembangkan sebagai tanaman konservasi untuk memperbaiki lahan kritis. Jambu mete muda untuk dibudidaya, buahnya dapat diolah menjadi kacang mente, daunnya untuk lalapan, serta menfaat lainnya," kata Erzaldi.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Marwan mengatakan peluncuran Gerakan Penanaman Mangrove dan Jambu Mete diinisiasi mendahului peringatan Hari Mangrove Sedunia Tahun 2020 diharapkan menjadi momentum yang dapat mengembangkan semangat para pihak untuk menjaga lingkungan serta memberikan nilai tambah ekonomi kepada masyarakat secara berkelanjutan.

"Kita menargetkan penanaman jambu mete dengan sebanyak 589.200 batang atau sekitar 723 hektare dan mangrove sebanyak 613.500 batang atau 185,9 hektare di kawasan pantai ini," katanya.

Baca juga: Peringatan Hari Mangrove Sedunia dirayakan di Mimika-Asmat

Pewarta: Aprionis
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020