Promosi pariwisata Flores Timur dibantu Kemendes via aplikasi digital

Promosi pariwisata Flores Timur dibantu Kemendes via aplikasi digital

Wakil Bupati Flores Timur, Nusa Tenggara Timur Agus Payong Boli. (FOTO ANTARA/Bernadus Tokan)

Kupang (ANTARA) - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tramsmigrasi (PDTT), akan membantu memromosikan pariwisata di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui aplikasi digital "goers".

"Untuk promosi sektor pariwisata, saya telah berkomunikasi dengan Kemendes PDTT, serta Presiden Direktur Badan Otorita Pariwisata Flores, dan mereka siap membantu program aplikasi 'goers'," kata Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli, Kamis, di Kupang berkaitan dengan upaya pemerintah daerah memperkenalkan pariwisata di wilayah paling timur Pulau Flores itu.

Ia menjelaskan aplikasi "goers" milik Kementriaan Desa PDTT ini memiliki pengguna hingga 400.000 orang, tersebar di lebih dari 25 kota di Indonesia dan sudah "go internasional".

"Memang sudah waktunya kita harus prioritaskan pengelolaan pariwisata kita berbasis digital, melalui aplikasi digital yang sudah kuat mitranya, untuk promosi pariwisata Flores Timur," katanya.

Menurut dia, program digital ini sangat membantu kemajuan pariwisata dan budaya Flores Timur ke depan.

"Saya senang karena Kemendes dan Badan Otorita Pariwisata mau membantu kita dengan program digitalisasi pariwisata 'goers' yang sudah 'go international', dan saya yakin perlahan-lahan mengangkat wisata dan budaya Flores Timur," katanya.

Kini, kata dia, tinggal SDM pegawai pada Dinas Pariwisata Flores Timur yang harus disiapkan agar dapat mengelola aplikasi digital secara berkesinambungan dan bertanggung jawab.

"Jadi nanti semua objek wisata Flores Timur, apakah itu wisata religi Semana Santa sebagai atraksi utama wisata, objek wisata alam, budaya dan lainnya akan dipromosikan dalam satu kesatuan, sehingga bisa menggerakkan ekonomi kerakyatan," demikian Agustinus Payong Boli.

Baca juga: Ekspedisi pemantauan terumbu karang berakhir di FloresTimur

Baca juga: NTT segera wujudkan kampung cokelat di Adonara Barat

Baca juga: Sensasi menyelami laut Flores di malam hari
Pewarta : Bernadus Tokan
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020