Di sini sudah boleh parkir, yang penting di dekat rambu parkir biru dan masih di dalam marka garis,
Jakarta (ANTARA) - Petugas masih melakukan sosialisasi parkir ganjil genap ke pengemudi mobil di sepanjang Jalan Gajahmada-Hayam Wuruk karena aturan itu baru mulai diberlakukan, Jumat ini.

Salah satu juru parkir di Jalan Gajahmada, Edy (54) mengatakan, hal itu karena aturan baru tersebut banyak tidak diketahui oleh pengemudi mobil.

"Di sini sudah boleh parkir, yang penting di dekat rambu parkir biru dan masih di dalam marka garis," ujar Edy di Jakarta, Jumat.

Edy yang menjaga parkir sejak pagi mengaku masih banyak pengemudi mobil yang agak ragu ketika diarahkan untuk parkir di pinggir jalan.

Baca juga: Ada parkir ganjil genap di Gajahmada-Hayam Wuruk Jakarta, yuk cek

"Takut diderek katanya, padahal sudah ada rambu boleh parkir," ujar dia.

Lantaran tak ditemukan meteran parkir, pembayaran parkir masih menggunakan cara manual. Parkir dipatok seharga Rp5.000 untuk kendaraan mobil.

"Motor juga bisa parkir di sini, cuma enggak kena ganjil genap," ujar Mat Jaya (65) yang bertugas menjaga parkir pada sore hari.

Mat Jaya mengatakan jam beroperasi parkir tersebut mengikuti waktu diberlakukannya ganjil genap.

Baca juga: Polda Metro petakan kantong parkir jelang pemberlakukan nomor ganjil-genap

Pengemudi mobil yang dapat parkir di jalan tersebut hanya yang boleh melintas dengan plat ganjil di tanggal ganjil dan plat genap di tanggal genap.

"Kalau enggak, diusir," ujar Mat Jaya.

Parkir mobil ganjil genap berlaku pada pagi pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 16.00-21.00 WIB, kecuali untuk motor. Pelanggar akan dikenakan sanksi denda sebesar Rp500.000 hingga penderekan kendaraan.

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020