Mercy Corps Indonesia bantu air bersih di lokasi pengungsian Lebak

Mercy Corps Indonesia bantu air bersih di lokasi pengungsian Lebak

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Mercy Corps Indonesia dari Jakarta menyalurkan bantuan air bersih di lokasi pengungsian korban bencana banjir bandang dan longsor di Kabupaten Lebak untuk keperluan wudhu serta mandi cuci dan kakus (MCK). ANTARA/Dok

Lebak (ANTARA) - Lembaga Swadaya Masyarakat  Mercy Corps Indonesia dari Jakarta menyalurkan bantuan air bersih di lokasi pengungsian korban bencana banjir bandang dan longsor di Kabupaten Lebak, Banten untuk keperluan wudhu serta mandi cuci dan kakus.

"Kami mulai hari ini (Selasa,28/1) mendistribusikan air bersih dua tangki isi 16 ribu liter   ke lokasi pengungsian bencana banjir bandang di Lebak," kata Doni, seorang perwakilan LSM Mercy Corp Indonesia saat ditemui di posko pengungsian Desa Bungur Mekar Kecamatan Sajira Kabupaten Lebak, Selasa.

Pendistribusian pasokan air bersih itu merupakan bentuk kepedulian agar warga yang terdampak bencana banjir bandang dan longsor di Kabupaten Lebak tidak menderita berkepanjangan.

Kebutuhan air bersih tentu sangat diperlukan masyarakat yang tinggal di posko pengungsian untuk keperluan MCK juga wudhu untuk melaksanakan shalat.
Baca juga: Relawan Siaga katakan pengungsi kesulitan dapatkan air bersih

Pihaknya menyalurkan bantuan air bersih itu dijadwalkan selama sepekan ke depan di lokasi-lokasi pengungsian.

Saat ini, pengungsian warga yang tinggal di tenda-tenda tersebar di Kecamatan Sajira, Cipanas, Lebak Gedong dan Curug Bitung.

"Kami menyalurkan bantuan air bersih itu untuk mengurangi beban penderitaan warga yang terkena musibah bencana alam," katanya menjelaskan.

Menurut dia, pihaknya mendatangkan pasokan air bersih tersebut dengan menggunakan satu kendaraan tangki dan dipasok sesuai permintaan warga pengungsi.
Baca juga: BPBD Lebak optimalkan distribusi logistik pengungsi korban banjir

LSM Mercy Corp Indonesia akan mendistribusikan air bersih ke lokasi pengungsian tanpa kenal lelah,karena mereka sangat membutuhkan keperluan air bersih.

Apalagi, saat ini warga yang tinggal di pos pengungsian dilanda hujan juga jaringan listrik padam.

Pendistribusian air bersih siap disalurkan hingga mencapai 32 ribu liter sesuai dengan permintaan warga pengungsi tersebut.

"Kami terus mendatangi posko pengungsian agar tidak mengalami krisis air bersih,terlebih mereka yang mendirikan tenda di kawasan hutan sangat kesulitan air," ujarnya.
Baca juga: Pengungsi Lebak berharap kembali miliki rumah

Sementara itu, sejumlah pengungsi mengaku bahwa mereka merasa lega pendistribusian air bersih tersebut, sehingga warga bisa wudhu untuk melaksanakan shalat juga memasak serta MCK.

Pendistrbusian air bersih dari LSM Mercy Corp Indonesia tentu sangat dirasakan manfaatnya bagi warga khususnya di tenda pengungsi Desa Bungur Mekar Kecamatan Sajira.

Saat ini, warga pengungsi yang tinggal di sini mencapai puluhan kepala keluarga dan mereka tempat kediamanya di Kampung Susukan dan Bolang hanyut diterjang banjir bandang awal tahun 2020.

"Kami berharap adanya bantuan-bantuan baik dari pemerintah, relawan, dermawan maupun LSM, karena rumah hanyut,termasuk isinya," kata Ojon, warga pengungsi yang kehilangan tempat kediamanya di Kampung Susukan hanyut diterjang banjir.
Baca juga: Puluhan warga Lebak mengungsi ditenda BPBD
Pewarta : Mansyur suryana
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2020