Dinas Perumkim dan Bappeda diminta untuk segera melakukan kajian dan menetapkan lokasi
Bog (ANTARA) - Pemerintah Kota Bogor merencanakan pembangunan kampung tematik di Kota Bogor, berupa kampung etnis  Arab dan Sunda, tujuannya agar kampung tematik di Kota Bogor menjadi lebih bervariasi.

"Kampung tematik Arab atau Kampung Arab, akan dibangun di Kelurahan Empang, Bogor Selatan," kata Bima Arya Sugiarto, di Kota Bogor Selasa.

Menurut Bima Arya, pembangunan kampung tematik Arab, akan dilakukan Pemerintah Kota Bogor pada tahun 2020 ini dimulai dari perbaikan Lapangan Empang menjadi Alun Alun Empang yang dapat dimanfaatkan untuk banyak kebutuhan, sekaligus mempercantik lingkungan di Kelurahan Empang.

Sedangkan, kampung tematik Sunda atau kampung Sunda, lokasinya belum ditetapkan, tapi pilihan lokasinya ada di Kelurahan Batutulis Bogor Selatan dan di Kelurahan Katulampa Bogor Timur.

"Saya menugaskan kepada Dinas Perumkim dan Bappeda untuk segera melakukan kajian dan menetapkan lokasi Kampung Sunda. Kampung Sunda juga harus segera dibangun," katanya.

Usulan lokasi Kampung Sunda di Kelurahan Batutulis, menurut Bima, ada kelebihannya karena di lokasi itu ditemukan Prasasti Batutulis, yakni salah satu prasasti peninggalan Kerajaan Pajajaran.

Baca juga: Kota Bogor akan kembangkan kampung tematik Ciharashas

Baca juga: Karawaci siapkan Kampung Rempah-rempah

Baca juga: Sungai Amprong, wisata "kampung tematik" baru di Kota Malang


Menurut Bima, dirinya juga sudah membicarakan soal persiapan pembangunan Kampung Sunda dengan jajaran pimpinan di Dinas Permukim Kota Bogor, pada Senin (20/1).

Bima mengingatkan, agar Dinas Permukim dapat fokus mempersiapkan kampung tematik di Kota Bogor, sehingga kampung-kampung di Kota Bogor menjadi lebih bervariasi dan dapat menjadi destinasi wisata di Kota Bogor.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bogor sudah membangun kampung tematik yakni Kampung Labirin sebagai kampung budaya di Kelurahan Babakan Pasar Bogor Tengah. Kampung tematik pertanian yakni Kampung Ciharashas di Kelurahan Mulyaharja Bogor Selatan, serta Kampung Batik di Kelurahan Cibuluh Bogor Utara.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020