Jakarta (ANTARA) - Alumni Universitas Indonesia yang tergabung dalam ILUNI UI bekerjasama dengan alumni Boston University memberikan bantuan kepada penyintas banjir Jabodetabek dalam bentuk perlengkapan kebersihan, perlengkapan sekolah, "care package" dewasa dan anak senilai Rp250 juta.

"Berdasarkan survei yang dilakukan oleh tim internal, didapati beberapa titik banjir yang menjadi fokus bantuan. Titik bantuan lokasi satu terletak di RW 8 Pondok Gede Permai, Bekasi. Titik bantuan kedua terletak RW 24 Vila Nusa Indah, Bogor," ujar Ketua Umum ILUNI UI, Andre Rahadian, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Kemensos salurkan Rp15 miliar ke daerah banjir Jabodetabek dan Banten

Bantuan berupa "care package" dan "cleaning package" dikerahkan ke titik-titik bantuan tersebut. Andre menambahkan aksi bakti sosial "Bebersih Dampak Banjir" itu merupakan kerja sama ILUNI FHUI, ILUNI UI dan Boston University Alumni.

"Kami melihat bahwa kebutuhan warga untuk membersihkan lumpur dan sisa barang yang rusak terkena banjir sangat tinggi. ILUNI UI bekerjasama dengan mitra swasta sudah mendatangkan satu unit backhoe untuk membantu warga bersama tim ILUNI UI Peduli dan dibantu TNI membersihkan sisa banjir. Hal ini penting untuk membuka akses dan juga menjaga kesehatan warga setelah bencana banjir,” jelas Andre.

Dia menambahkan tim ILUNI UI sejak awal bencana terus bekerja bersama warga dan aparat untuk meringankan beban saudara-saudara yang terkena musibah banjir.

Baca juga: Menteri PPPA puji penanganan banjir DKI Jakarta

Ketua Umum ILUNI FHUI, Ashoya Ratam, menyatakan keprihatinannya dan turut berduka terhadap peristiwa banjir yang melanda beberapa kawasan.

“Kami menyadari bahwa penanganan korban bencana banjir tidak dapat dilakukan atau diselesaikan dalam waktu singkat. Untuk itulah, kami memilih untuk fokus pada penanganan pasca banjir. Kami berharap bahwa apa yang kami lakukan ini dapat membantu meringankan saudara-saudara kita, dimana penanganan pasca banjir juga sama pentingnya,” kata Ashoya.

Ashoya menjelaskan pihaknya berupaya maksimal agar saudara-saudara kita dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala. Ashoya juga mengucapkan terimakasih kepada para pihak lain, TNI, Polri, relawan dan warga yang juga turut berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti tersebut.

Baca juga: Santunan ahli waris baru disalurkan untuk 10 korban banjir Jabodetabek

Selain donasi berupa uang tunai, aksi bantuan atas korban bencana banjir ini didukung oleh PT Kimia Farma (Persero) Tbk dan PT Combiphar dalam bentuk penyediaan obat serta vitamin, dan juga Shopee dalam bentuk tambahan "care package".

Sumbangan berupa paket sekolah anak, terdiri dari tas sekolah dan alat tulis juga diterima dari beberapa alumni dan disumbangkan ke lokasi yang terdampak bencana.***3***

Baca juga: Penanganan terpadu banjir di tiga provinsi dipuji Menteri PPPA
Baca juga: KLHK segera lakukan penghijauan di Bogor dan Lebak cegah banjir

 

Pewarta: Indriani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020