Bogor (ANTARA) - Polri meluncurkan Program Penanaman Pohon sebagai upaya untuk menghijaukan lingkungan dan mencegah kembali terulangnya bencana banjir dan longsor.

Peluncuran program penghijauan  dipimpin Kapolri Jenderal Pol Idham Azis yang menanam bibit pohon eboni di Pusat Latihan Multifungsi Mabes Polri di  Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat.

"Kami  tanam hari ini 2.020 bibit pohon hanya simbol saja. Tapi dibalik makna simbol itu bagaimana kami ingin menggugah hati masyarakat Indonesia untuk mau peduli pada lingkungan agar masa depan anak, cucu kita bisa lebih baik dari sekarang," kata Kapolri.
Baca juga: Polresta Pulau Ambon laksanakan program Polri Peduli Penghijauan

Awal tahun 2020, sejumlah daerah di Indonesia mengalami musibah bencana alam berupa banjir dan longsor.

Pihaknya pun kemudian menggandeng TNI, BNPB, pemda dan pemerhati lingkungan untuk bersama-sama menanam bibit pohon sebagai bentuk kepedulian pada perbaikan lingkungan.

Pihaknya memilih Jumat 10 Januari 2020 sebagai peluncuran Program Penanaman Pohon karena bertepatan dengan Hari Gerakan MenanamSejuta Pohon Sedunia dan Hari Lingkungan Hidup Nasional.

Program Penanaman Pohon adalah gerakan menanam pohon oleh anggota Polri secara nasional, dimulai dari tingkat polsek hingga Mabes Polri, dari lingkungan kantor, asrama Polri hingga di lahan-lahan tidak produktif milik Polri, pemerintah maupun warga lainnya.
Baca juga: Polri Tanam 1,6 Juta Pohon Kurangi Pemanasan Global

Pohon yang nantinya ditanam dipilih khusus agar bisa memberikan manfaat jangka panjang karena mampu memproduksi oksigen dalam jumlah besar dan memproduksi beragam buah untuk dinikmati hasilnya.

Harapannya populasi pohon yang tinggi akan menjadi lumbung air dan bisa menahan terjadinya longsor.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kepala BNPB Doni Monardo dan para pejabat utama Mabes Polri.
Baca juga: TNI-Polri tanam ratusan bibit pohon bakau di Waropen

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020