Para selebritas yang bergulat dengan kanker getah bening

Para selebritas yang bergulat dengan kanker getah bening

Sejumlah kerabat dan anggota keluarga berdoa di dekat jenazah artis Chandra Ariati Dewi (Ria Irawan) di rumah duka Lebak Bulus, Jakarta, Senin (6/1/2020). Ria Irawan meninggal dalam usia 50 tahun karena sakit kanker. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/ama.

Jakarta (ANTARA) - Dunia perfilman Indonesia kehilangan salah satu aktris berbakat Ria Irawan, Senin (6/1), yang meninggal dunia setelah beberapa tahun berjuang melawan kanker kelenjar getah bening.

Sepuluh tahun lalu, Ria mengetahui ada mioma di rahimnya. Dia didiagnosis kanker dinding rahim. Kemudian rahimnya diangkat pada 2014, namun kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening pada bagian panggul.

Baca juga: Ria Irawan sang "Renjani" kini telah pergi

Beberapa tahun sembuh, sel kanker dalam tubuhnya kembali aktif dan menjalar ke diafragma. Pertengahan 2019, kanker sudah menjalar ke paru-paru dan otak.

Beberapa hari setelah pergantian tahun 2020, Ria akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada usia 50 tahun.

Pemilik nama lengkap Chandra Ariati Dewi Irawan ini bukan satu-satunya selebritas yang bergulat menghadapi penyakit yang menyerang sel darah putih, sistem kekebalan tubuh.
 

1. Arifin Ilham
Ustaz kondang Arifin Ilham menghembuskan nafas terakhir akibat penyakit kanker kelenjar getah bening. Dia meninggal dunia saat dirawat di Penang, Malaysia pada 22 Mei 2019.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

109.Maka janganlah kamu berada dalam keragu-raguan tentang apa yang disembah oleh mereka. Mereka tidak menyembah melainkan sebagaimana nenek moyang mereka menyembah dahulu. Dan sesungguhnya Kami pasti akan menyempurnakan dengan secukup-cukupnya pembalasan (terhadap) mereka dengan tidak dikurangi sedikit pun. 110.Dan sesungguhnya Kami telah memberikan Kitab (Taurat) kepada Musa, lalu diperselisihkan tentang Kitab itu. Dan seandainya tidak ada ketetapan yang telah terdahulu dari Tuhanmu, niscaya telah ditetapkan hukuman di antara mereka. Dan sesungguhnya mereka (orang-orang kafir Mekah) dalam keraguan yang menggelisahkan terhadap Al Qur'an. 111.Dan sesungguhnya kepada masing-masing (mereka yang berselisih itu) pasti Tuhanmu akan menyempurnakan dengan cukup, (balasan) pekerjaan mereka. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan. 112.Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah tobat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. 113.Dan janganlah kamu cenderung kepada orang-orang yang zalim yang menyebabkan kamu disentuh api neraka, dan sekali-kali kamu tiada mempunyai seorang penolong pun selain daripada Allah, kemudian kamu tidak akan diberi pertolongan. 114.Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat. 115.Dan bersabarlah, karena sesungguhnya Allah tiada menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat kebaikan. 116.Maka mengapa tidak ada dari umat-umat yang sebelum kamu orang-orang yang mempunyai keutamaan yang melarang daripada (mengerjakan) kerusakan di muka bumi, kecuali sebahagian kecil di antara orang-orang yang telah Kami selamatkan di antara mereka, dan orang-orang yang zalim hanya mementingkan kenikmatan yang mewah yang ada pada mereka, dan mereka adalah orang-orang yang berdosa. 117.Dan tuhanmu tdk akan membinasakan negri2 secara zolim,selama penduduknya baik @putri_tanjung @anita_chairultanjung @chairultanjung

A post shared by Aldi taher sikumbang (@alditaher.official) on



Baca juga: Ustadz Arifin Ilham akan dimakamkan dekat pohon kedondong

2. Aldi Taher
Aldi Taher Sikumbang adalah seorang penyintas kanker getah bening. Aldi awalnya tak menyangka ia bisa terkena kanker. Salah satu gejala yang dialaminya adalah pegal di leher sebelah kanan yang tak kunjung hilang selama dua bulan pada 2016 silam. Enam kemoterapi ia jalani hingga dinyatakan sebagai penyintas.

3. Gene Wilder
Bintang film "Willy Wonka and the Chocolate Factory" ini berhasil sembuh dari limfoma non-Hodgkin. Dia meninggal pada usia 83 tahun akibat komplikasi penyakit Alzheimer pada 29 Agustus 2019.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Rest in peace to the greatest #Genewilder

A post shared by GeneWilder (@genewilderofficial) on


4. Jacqueline Kennedy
Mantan Ibu Negara Jackie Kennedy didiagnosis limfoma non-Hodgkin pada awal 1994 dan meninggal akibat penyakit itu beberapa bulan kemudian. Dilansir New York Times, petugas kesehatan yang mengetahui proses perawatan Jackie Kennedy mengatakan kanker tersebut telah menyebar ke tubuhnya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Such a fashion icon

A post shared by Jackie Kennedy (@jackiekennedyonassis) on


5. Tony Iommi
Gitaris Black Sabbath Tony Iommi mengidap kanker kelenjar getah bening alias limfoma sejak 2012. Dia terus menjalani perawatan untuk mengobati penyakitnya. Pada 2016, kanker dalam tubuhnya dinyatakan dalam status remisi atau tidak terdeteksi.


Baca juga: Para pesohor dengan riwayat kanker sepanjang 2019

Baca juga: Kanker getah bening, gejala hingga pencegahan

Baca juga: Makanan pemicu kanker getah bening (video)

Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020