PDIP berpotensi umumkan bacagub Kalteng pada rakernas di Jakarta

PDIP berpotensi umumkan bacagub Kalteng pada rakernas di Jakarta

Sekretaris DPD PDIP Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto. (ANTARA/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto mengatakan, pihaknya belum berani memastikan pengumuman bakal calon yang akan diusung pada pilkada mendatang, apakah akan diumumkan pada rapat kerja nasional di Jakarta 10-12 Januari 2020 atau tidak.

"Memang ada 44 bakal calon kepala daerah se-Indonesia yang sudah positif diusung PDIP dan bakal diumumkan pada rakernas nanti," kata Sigit di Palangka Raya, Senin.

Dia menjelaskan, tidak menutup kemungkinan bakal calon Gubernur dan Wagub Kalteng, serta Bupati dan Wabup Kotim akan diumumkan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) pada rakernas tersebut.

Pihaknya tak berani memastikan, sebab rekomendasi untuk bakal calon kepala daerah di Kalteng, sama sekali tidak diketahui oleh pengurus DPD PDIP setempat karena semua keputusan ada di tangan pengurus pusat.

"Keputusan yang memberikan rekomendasi untuk bakal calon kepala daerah, semua ada pada DPP dan kami di daerah hanya sebagai tim penjaringan bakal calon yang sudah terdaftar di partai kami," kata Sigit yang juga menjabat Ketua DPRD Kota Palangka Raya ini.

Sigit menambahkan, pihaknya akan memberitahukan kepada publik apabila surat rekomendasi untuk Bacagub Kalteng dan Bacabup Kotim sudah ditetapkan oleh DPP.

Untuk sementara ini dirinya tidak bisa berpanjang lebar memberikan pernyataan mengenai siapa yang bakal diusung oleh DPP PDIP. Semoga saja dalam rakernas tersebut nama bacagub dan bacabup yang sudah mendaftar di PDIP diumumkan DPP.

"Kalau nantinya diumumkan maka akan jelas siapa yang diusung. Tetapi, jika Kalteng tidak termasuk artinya Pilkada Kalteng masih menjadi perhatian DPP dan masih digodok," ungkapnya.

Dalam rakernas tersebut, nantinya akan dihadiri seluruh pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan DPD se-Indonesia. Kegiatan itu sekaligus menjadi acara puncak perayaan HUT ke-47 PDIP.

Bahkan setiap pengurus PDIP se-Kalteng dari unsur pimpinan wajib hadir yakni ketua, sekretaris, bendahara (KSB), kemudian pengurus DPC dan Fraksi PDIP yang ada di DPRD setempat.

"Semua pengurus yang saya sebutkan tadi wajib hadir dalam acara rakernas yang dilaksanakan di Jakarta selama empat hari itu," ujarnya.

Baca juga: Pemprov optimistis pelaksanaan pilkada Kalteng berjalan lancar

Baca juga: Teras Narang sebut ada 173 permohonan pemekaran daerah

Baca juga: Bawaslu: Gubernur Kalteng dilarang merombak pejabat
Pewarta : Kasriadi/Adi Wibowo
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020