Polda Metro Jaya serahkan bantuan bagi pengungsi Bendungan Hilir

Polda Metro Jaya serahkan bantuan bagi pengungsi Bendungan Hilir

Istri Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono Edhie, Teti Gatot Eddy Pramono, menyerahkan bantuan secara simbolis kepada warga yang terdampak banjir di Kelurahan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Kamis (2/1/2020). (ANTARA/Katriana)

Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya menyerahkan bantuan makanan kepada ratusan warga yang terkena dampak banjir di Kelurahan Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Bantuan ini karena statemen dari bapak Presiden langsung bahwa aparat pemerintahan baik TNI, Polri dan semuanya ikut membantu dalam bentuk apapun," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Kamis.

Bantuan diserahkan oleh istri Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono Edhie, Teti Gatot Eddy Pramono, bersama Kapolres Jakarta Pusat dan sejumlah istri anggota kepolisian lainnya.

Bantuan yang diberikan antara lain mi instan, air mineral, biskuit, bubur instan, wafer dan makanan ringan lainnya.

Selain makanan ringan, Kapolres Heru mengatakan sebelumnya Polres Jakarta Pusat juga memberikan bantuan tenaga dan alat-alat evakuasi seperti perahu karet bagi warga yang terkena dampak banjir.

"Kemarin, kita dalam bentuk tenaga. Pak Wakapolres langsung memimpin, menyiapkan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang ada di dalam," katanya.

Baca juga: Kampung Dongeng Indonesia hibur anak korban banjir Cipinang Melayu
Baca juga: Ciledug masih banjir, akses Jakarta-Tangerang terputus


Saat ini, ia mengaku merasa bersyukur karena belum ada hujan sehingga warga dapat membersihkan rumah masing-masing yang terkena dampak banjir.

"Apa yang bisa kita bantu dalam bentuk suplai makanan. Kita berikan kepada warga yang ada di sini," katanya, merujuk kepada warga, baik yang berada di tempat pengungsian maupun warga terdampak lain yang memilih untuk tetap tinggal di dalam rumah.

Bantuan tersebut, kata Kombes Pol Heru, bersifat kontemporer dan akan diberikan selama warga masing membutuhkannya.

Kepolisian setempat akan terus memberikan bantuan untuk beberapa kebutuhan yang masih diperlukan warga.

"Jadi pak Kapolsek sudah mendata kira-kira apa yang dibutuhkan. Memang sudah kita data. Tidak hari ini langsung," katanya.

Baca juga: Banjir di Jatiasih surut, mobil bertumpukan di jalan masuk perumahan
Baca juga: Kantor Kecamatan Jatiasih sepi, seluruh pegawai ke lokasi banjir


Ia berharap relawan lain juga akan memberikan bantuan untuk keperluan lain yang masih dibutuhkan warga terdampak.

"Saya yakin nanti dari relawan-relawan juga akan memberikan bantuan dan itu akan kita arahkan," ujarnya.

"Jadi kita kumpulin, kita arahkan untuk diberikan kepada warga yang memang membutuhkan," katanya lebih lanjut.

Hujan deras yang melanda hampir seluruh daerah di Ibu Kota Jakarta menyebabkan banjir di sejumlah tempat, termasuk di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

Banjir di daerah tersebut mencapai ketinggian lebih dari 1,5 meter dan merendam perumahan sekitar 400 Kepala Keluarga (KK) di kelurahan tersebut.
Pewarta : Katriana
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020