Jumlah anggota Polri mengalami penurunan dari 1200-an tahun 2019 menjadi 1180-an di tahun 2019
Jakarta (ANTARA) - Kapolres Jakarta Utara Kombes Polisi Budhi Herdi menegaskan kesuksesan personel Polri tidak terlepas dari upaya pembinaan yang dilakukan secara internal.

"Untuk meningkatkan bidang operasional yang berhasil, kita harus pula meningkatkan prestasi di bidang pembinaan," kata Kapolres Budhi di Mapolres Jakarta Utara, Senin.

Polres Jakarta Utara kata dia, terus menitikberatkan bidang pembinaan, karena apa pun keberhasilan dari bidang operasional, tidak terlepas dari faktor tersebut.

Kapolres menyatakan kegiatan-kegiatan di bidang pembinaan tidak terpublikasi seperti kegiatan bidang operasional. Kegiatan pembinaan lebih bersifat internal, namun tidak kalah penting dari kegiatan di bidang operasional.

"Jumlah anggota Polri mengalami penurunan dari 1200-an tahun 2019 menjadi 1180-an di tahun 2019," kata Kapolres.

Pengurangan itu disebabkan usia pensiun dan mutasi keluar yang tidak sebanding dengan penambahan jumlah personel.

Kapolres menegaskan berkurangnya jumlah personel itu, tidak menghambat para personel Polri mendapatkan prestasi dan penghargaan.

Selama tahun 2019, jumlah penghargaan didapatkan personel Polres Jakarta Utara meningkat 100 persen dibandingkan tahun 2018.

Baca juga: 600 perkara dinyatakan P21 di Polres Jakarta Utara tahun 2019

Baca juga: 782 perkara dihentikan Polres Jakarta Utara tahun 2019

Baca juga: Penyelesaian perkara Polres Jakarta Utara naik 10 persen tahun 2019


Sebagai pimpinan, Kapolres menegaskan pihaknya ingin memberikan motivasi kepada anggota tentang keseimbangan antara penghargaan dan hukuman. Pengawasan personel baik wakapolres sebagai penanggungjawab internal maupun Propam sebagai penegak disiplin terus dimaksimalkan.

"Untuk hukuman juga terjadi penurunan dengan melakukan pembinaan yang optimal, angka pelanggaran yang dilakukan anggota berkurang hampir 50 persen dibandingkan tahun 2018," jelas Kapolres.

Pewarta: Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019