Jakarta (ANTARA) - Wakapolsek Menteng Kompol Yulianto turut mengatur arus lalu lintas di depan Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Paulus di Jalan Taman Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, pada pelaksanaan ibadah Misa Natal 2019.

"Lancar, Alhamdulillah," kata Yulianto saat turut mengamankan pelaksanaan ibadah Misa di GPIB Paulus Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, situasi lancar tersebut kemungkinan karena hari libur dan hujan yang melanda Jakarta sejak Rabu dini hari sehingga masyarakat sebagian besar lebih memilih beraktivitas di rumah.

"Mungkin juga hari libur, kegiatan masyarakat juga aktivitasnya juga di rumah, jadi cukup lancar," katanya.

Sementara itu, untuk pelaksanaan Misa Natal 2019 pada 25 Desember 2019, pengamanan tetap dilakukan dengan intensif terhadap pendatang atau jemaat yang keluar-masuk dari gereja tersebut.

"Pengamanannya seperti yang kemarin, tetap intensif terhadap pendatang, jemaat, baik mereka yang masuk maupun yang pulang," katanya.

Baca juga: Gereja St Yoseph Matraman adakan misa khusus anak-anak
Baca juga: 8.000 orang diprediksi hadir pada Misa Natal di Gereja Katedral


Selain itu, sejumlah personel juga dikerahkan untuk mengamankan parkir mobil di kantong-kantong parkir di sekitar gereja yang disediakan bagi jemaat yang datang untuk beribadah.

"Itu atensi yang harus tetap kita jaga agar tidak terjadi kemacetan. Kemudian kita juga menghindari kasus pencurian," katanya.

Yulianto mengatakan total personel yang dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan ibadah misa adalah sekitar 50 personel yang terdiri atas sekitar 20 personel dari Polri, sekitar 10 dari Lantas Polda 2 petugas pemadam kebakaran dan dari Intel Polda maupun Polres.

"Kalau ditotal bisa mencapai 50 orang untuk hari ini," katanya.

Para personel dikerahkan dari pagi ketika ibadah misa pukul 06.00 WIB dimulai hingga ibadah terakhir pada perayaan Natal hari ini selesai.
Baca juga: Front Pemuda Muslim Maluku bantu pengamanan Misa Natal di DKI Jakarta

Pewarta: Katriana
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019