Dana Rp5 miliar tersebut adalah jumlah total anggaran yang digunakan untuk keseluruhan revitalisasi Utan Kemayoran ...
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran Medi Kristianto membantah proyek pembangunan jembatan lengkung di Area Utan Kemayoran menghabiskan dana Rp5 miliar.

Medi Kristianto di Jakarta, Selasa, mengatakan pembangunan Jembatan Lengkung di Area Utan Kemayoran tidak menghabiskan anggaran senilai Rp5 miliar sebagaimana yang diberitakan.

“Dana Rp5 miliar tersebut adalah jumlah total anggaran yang digunakan untuk keseluruhan revitalisasi Utan Kemayoran melalui perbaikan fisik dengan membangun antara lain fasilitas panggung di atas air, ampiteater, menara pandang dan jogging track, serta penangkaran burung,” katanya.

Ia menambahkan, anggaran pembangunan revitalisasi Utan Kemayoran bukan merupakan anggaran APBD Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Polres Jakarta Utara-Puslabfor selidiki jembatan Utan Kemayoran

“Namun menggunakan anggaran dari Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran)," kata Medi.

Ia menegaskan jembatan lengkung milik PPK Kemayoran merupakan salah satu fasilitas yang ada di area Utan Kemayoran. Penyebab robohnya jembatan pada saat proses pengerjaan, Minggu 22 Desember tersebut masih dilakukan proses investigasi sehingga untuk sementara waktu akses ke Utan Kemayoran masih dibatasi.

"Pengelola berharap dalam waktu dekat Utan Kemayoran sudah dapat dibuka untuk masyarakat umum," tambah Medi.

Utan Kemayoran merupakan Ruang Terbuka Hijau yang direvitalisasi oleh PPK Kemayoran untuk mengubah hutan seluas 22,3 hektare yang sebelumnya pasif menjadi hutan yang aktif.

Keberadaan hutan ini juga diharapkan mampu memberikan manfaat atas terbentuknya ekosistem baru bagi satwa unggas yang berdatangan di Utan Kemayoran.

Revitalisasi Utan Kemayoran dilakukan PPK Kemayoran untuk memenuhi tujuan rekreasi hutan yang dapat dinikmati masyarakat, edukasi untuk mengenalkan flora dan fauna, serta konservasi untuk pelestarian mangrove di ibu kota.
Baca juga: PPK Kemayoran janji selesaikan masalah Jembatan Lengkung secepatnya
 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019