Jakarta (ANTARA) - Napoli bangkit dari ketertinggalan untuk mengatasi tuan rumah Sassuolo 2-1 dalam laga pekan ke-17 Liga Italia di Stadion Mapei, Minggu setempat (Senin WIB), demi memungkasi paceklik kemenangan yang sudah berlangsung delapan pertandingan.

Partenopei tertinggal terlebih dahulu akibat gol Hamed Junior Traore (29') membawa Sassuolo memimpin, sebelum Allan (57') menyamakan kedudukan. Gol bunuh diri Pedro Obiang (94') kemudian mengamankan tiga poin bagi Napoli.

Sebelum pertandingan tersebut, terakhir kali Napoli meraih kemenangan di Liga Italia adalah saat menjamu Verona pada 19 Oktober silam. Dengan demikian, Napoli akan memasuki libur Liga Italia tiga pekan dengan optimistis berbekal kemenangan perdana setelah delapan pekan.

Kemenangan mendongkrak Napoli ke peringkat kedelapan dengan 24 poin, sedangkan Sassuolo (19) tertahan di urutan ke-12, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Baca juga: Gattuso sebut Napoli sedang menderita akibat terlalu lama gagal menang

Laga hampir dibuka sempurna oleh tuan rumah, ketika Manuel Locatelli dapat menanduk bola sepak pojok ke tiang dekat, namun Mario Rui menyapunya sebelum melewati garis gawang.

Kerja keras Sassuolo akhirnya terbayar saat Locatelli mengirimkan umpan silang yang diteruskan sepakan voli Traore untuk melewati sela-sela kaki kiper Alex Meret.

Menjelang turun minum, Sassuolo berpeluang menggandakan keunggulan mereka saat Locatelli merangsek ke depan dan mengirimkan bola ke sisi kanan, tetapi kali ini sepakan Traore dapat digagalkan Meret.

Baca juga: Sassuolo hentikan rentetan laga nirkemenangan dengan tundukkan Brescia

Memasuki babak kedua, Napoli mencoba memperbaiki permainan. Kiper Gianluca Pegolo sempat terkecoh Lorenzo Insigne, tetapi kakinya berhasil menyapu bola dalam keadaan terjatuh.

Elseid Hysaj sempat meminta penalti saat merasa Locatelli merangkulnya sehingga ia tidak dapat melompat, tetapi VAR memilih untuk tidak mengintervensi.

Napoli akhirnya mampu menyamakan kedudukan saat Allan mendapat operan dari Piotr Zielinski, menerobos jajaran empat pemain Sassuolo, dan melepaskan tembakan keras ke bagian atas gawang Sassuolo.

Pemain Brazil itu hampir mengemas gol keduanya beberapa saat kemudian, tetapi kali ini sepakannya dapat ditahan Fillipo Romagna.

Baca juga: Umumkan penunjukan Gattuso, Presiden Napoli masih ungkit Ancelotti

Napoli menggempur habis-habisan pada fase akhir pertandingan, dan mereka memiliki tiga peluang yang gagal dimanfaatkan. Pertama saat tembakan Jose Callejon melambung di atas mistar gawang, kemudian upaya Insigne dapat digagalkan Locatelli, dan sepakan Dries Mertens melebar.

Mereka sempat menjebol gawang Sassuolo pada menit ke-81, saat Pegolo menepis bola tembakan Mertens, yang kemudian mengenai Callejon dan masuk ke gawang. Tetapi Callejon telah berada dalam posisi offside.

Gol penentu kemenangan baru tercipta menjelang laga usai, saat Giovanni Di Lorenzo mengirimkan bola kepada Eljif Elmas, namun bola justru masuk ke gawang Sassuolo akibat terkena kaki Obiang.

Baca juga: Bologna pertahankan tren bagus dengan tundukkan Lecce 3-2
Baca juga: Atalanta pecundangi Milan dengan kemenangan lima gol tanpa balas


Susunan pemain:

Sassuolo (4-2-3-1): Gianluca Pegolo, Mert Muldur, Marlon (Filippo Romagna 51') Federico Peluso, Girgios Kyriakopoulos, Pedro Obiang, Manuel Locatelli, Alfred Duncan (Filip Djuricic 64'), Hamed Junior Traore, Jeremie Boga (Francesco Magnanelli 82'), Francesco Caputo
Pelatih: Roberto de Zerbi

Napoli (4-3-3): Alex Meret, Giovanni Di Lorenzo, Kostas Manolas, Sebastiano Luperto (Elseid Hysaj 46'), Mario Rui, Fabian Ruiz (Eiljif Elmas 70'), Allan, Piotr Zielinski, Jose Callejon, Arkadiusz Milik (Dries Mertens 77'), Lorenzo Insigne
Pelatih: Gennaro Gattuso

Baca juga: Esposito ukir gol pada debutnya bersama Inter
Baca juga: SPAL balik menang 2-1 lawan Torino
Baca juga: Tekuk Cagliari, Udinese hentikan lima kekalahan berturut-turut

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2019