Inalum-Perumnas dan Peruri bantu pemulihan Sigi pascalikuefaksi

Inalum-Perumnas dan Peruri bantu pemulihan Sigi pascalikuefaksi

Deputi General Manager Pemberdayaan Masyarakat PT Inalum (Persero) Daniel JP Hutahuruk menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta. ANTARA/Muhammad Hajiji/am.

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masing-masing Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), Perumnas dan Peruri turut serta membantu percepatan pemulihan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah setelah setahun peristiwa gempa dan likuefaksi.

Tiga BUMN itu bersinergi mengadakan bantuan sarana prasarana, mulai dari renovasi rumah warga, pembangunan MCK, pembangunan sarana air bersih dan menyediakan instalasi listrik.

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta, Minggu menyampaikan terima kasih kepada Kementerian BUMN yang hadir bukan hanya pada perayaan Natal tahun 2019, melainkan telah hadir pada pascabencana membantu pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Sigi keluar dari permasalahan yang timbul akibat bencana.

Baca juga: Natal-Tahun Baru, Tiga BUMN bersinergi donasi kepada 350 anak yatim

"Tanpa ada bantuan dari lembaga dan pihak manapun maka pemerintah dari Kabupaten Sigi dengan anggaran APBD yang sangat terbatas, tidak akan mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan pascabencana terjadi di Kabupaten Sigi," kata Irwan Lapatta.

Irwan berharap berharap perayaan Natal tahun 2019 dapat berdampak terhadap peningkatan kualitas kerukunan antarumat beragama di Kabupaten Sigi.

Ia mengimbau masyarakat agar tidak terpengaruh dan terprovokasi oleh informasi yang dapat merusak keharmonisan kehidupan antarumat beragama yang telah terbangun di Sigi.

Berkaitan dengan itu, Deputi General Manager Pemberdayaan Masyarakat PT Inalum (Persero) Daniel JP Hutahuruk mengemukakan dalam kegiatan itu bertujuan menanamkan rasa syukur dan semangat berbagi, menumbuhkan rasa toleransi antarumat beragama, serta mengajak para anak panti asuhan dan segenap masyarakat Kabupaten Sigi berbagi kegembiraan dalam momentum perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh wilayah tanah air dan dilakukan oleh seluruh perusahaan yang tergabung pada Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia," katanya.

PT Inalum, Perumnas dan Peruri juga memberikan beasiswa pendidikan kepada masyarakat. Kemudian, santunan untuk 500 anak yatim-piatu dari beberapa wilayah yang ada di kabupaten Sigi.

Selanjutnya perusahaan-perusahaan tersebut juga memberikan bantuan ke panti asuhan berupa pembagian 1000 alkitab, dan mengadakan pasar murah.

Bantuan tersebut sebagai bentuk kehadiran BUMN dalam kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana Sulteng, sekaligus berbagi kasih menyambut Natal 2019 dan tahun baru 2020.

Seremonial kegiatan itu diselenggarakan di Desa Tanah Harapan Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi, pada Jumat 20 Desember tahun 2019.

Baca juga: Pelindo III-Waskita bantu 1.000 injil untuk umat kristiani di Kupang

Baca juga: Dua BUMN salurkan donasi kepada 500 anak yatim
Pewarta : Muhammad Hajiji
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019