Ajax, AZ dan PSV melenggang ke 16 besar Piala Belanda

Ajax, AZ dan PSV melenggang ke 16 besar Piala Belanda

Para pemain Ajax merayakan gol Sergino Dest (kedua kanan) ke gawang Telstar dalam laga 32 besar Piala Belanda di Stadion Rabobank Ijmond, Velsen-Zuid, Belanda, Rabu (18/12/2019) waktu setempat. (ANTARA/Twitter@AFCAjax)

Jakarta (ANTARA) - Ajax, AZ Alkmaar dan PSV Eindhoven melenggang ke babak 16 besar Piala Belanda setelah menyingkirkan lawannya masing-masing pada Kamis dini hari WIB.

Ajax yang bertandang ke markas tim kasta kedua, Telstar, meraih kemenangan 4-3 di Stadion Rabobank IJmond, demikian catatan laman resmi KNVB.

Noa Lang dan Sergino Dest membawa Ajax unggul dua gol dalam waktu 28 menit, sebelum Telstar memperkecil ketertinggalan 1-2 melalui Frank Korpershoek pada menit ke-44.

Gol Jurgen Ekkelenkamp dan gol kedua Dest membawa Ajax menjauh 4-1, tetapi kelengahan hampir membuat kemenangan luput dari tangan tim besutan Erik ten Hag sebab gawang mereka dibobol Benaissa Benamar dan Reda Kharchouch.

Baca juga: Ajax juara Piala Belanda usai gilas Willem 4-0

Di Stadion AFAS, AZ menang 3-0 atas tamunya Groene Ster yang merupakan tim kasta keempat berkat gol-gol Ferdy Druijf, Jonas Svensson dan Dani de Wit.

Hebatnya, ketiga gol itu lahir setelah AZ harus tampil dengan 10 pemain menyusul kartu merah yang diterima Jordy Clasie sejak menit ke-55.

Sementara itu, PSV membutuhkan babak tambahan waktu untuk mengalahkan tim kasta ketiga GVVV dengan skor 2-1. Keunggulan PSV yang diraih berkat Kostas Mitroglou raib enam menit sebelum waktu normal berakhir ketika Sofiane Laghmouchi mencetak gol untuk tuan rumah.

Beruntung, pada menit ke-117 Mohamed Ihattaren memastikan kemenangan PSV sekaligus langkah mereka ke babak 16 besar.

Dua tim kasta tertinggi, Eredivisie, lainnya juga lolos pada Kamis dini hari WIB yakni Heracles Almelo dan Willem II, menyusul sejawat mereka, yakni Vitesse Arnhem, SC Heerenveen dan Fortuna Sittard yang sudah melangkah sehari sebelumnya.

Rangkaian 32 besar Piala Belanda masih menyisakan dua laga lain untuk dijalani yakni FC Groningen menjamu FC Utrecht dan Feyenord bertandang ke markas SC Leeuwarden.

Baca juga: Daftar juara Piala Belanda dua dasawarsa terakhir
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019