Jakarta (ANTARA) - Gol menit-menit akhir yang dicetak Jan Vertonghen membawa Tottenham Hotspur menang 2-1 di kandang Wolverhampton dalam laga pekan ke-17 Liga Inggris di Stadion Molineux, Minggu.

Vertonghen mencetak golnya pada menit pertama injury time setelah keunggulan yang sempat dimiliki Tottenham lewat Lucas Moura diimbangi oleh Adama Traore untuk Wolverhampton, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kemenangan itu mengangkat tim besutan Jose Mourinho naik ke posisi kelima klasemen dengan koleksi 26 poin, sedangkan Wolverhampton (24) tertahan di urutan kedelapan.

Baca juga: Jose Mourinho akui Christian Eriksen ingin tinggalkan Spurs
Baca juga: Bagi Mourinho penampilan Tottenham komplet saat menggulung Burnley


Tottenham sepertinya akan menjalani pertandingan yang mudah ketika Lucas membuka keunggulan saat laga baru berjalan delapan menit.

Menerima bola umpan dari Eric Dier, Lucas melewati sejumlah pemain Wolverhampton sebelum melepaskan tembakan keras yang bersarang ke langit-langit gawang.

Gol itu membangkitkan para pemain Wolverhampton didukung gemuruh para suporter dari tribun Molineux dan perlahan mereka mengimbangi permainan Tottenham.

Namun, Tottenham berhasil bermain lebih efektif dan hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-36 jika saja tembakan Dier tak membentur tiang gawang.

Kerja keras Wolverhampton akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-67 lewat tembakan keras Traore dari jarak jauh yang tak mampu diantisipasi kiper Paulo Gazzaniga demi menyamakan kedudukan 1-1.

Wolverhampton bahkan hampir memanfaatkan momentum yang ada untuk membalikkan keadaan ketika Romain Saiss menanduk bola tendangan bebas pada menit ke-84, tetapi Gazzaniga memperlihatkan reflek yang baik untuk menghalau peluang tersebut.

Pertandingan sepertinya harus berakhir dengan kedua tim berbagi poin, tetapi tepat pada awal injury time bola sepak pojok Christian Eriksen berhasil ditanduk Vertonghen untuk menaklukkan kiper Rui Patricio sekaligus memastikan kemenangan bagi Tottenham.

Baca juga: Wolves tahan imbang Arsenal 1-1 di Emirates Stadium
Baca juga: Greenwood selamatkan MU dari kekalahan kontra Everton
Baca juga: Fernandinho anggap jarak Liverpool sudah terlalu jauh dari Man City


Susunan pemain:

Wolverhampton (3-4-3): Rui Patricio; Leander Dendoncker, Conor Coady, Romain Saiss; Matt Doherty, Joao Moutinho, Ruben Neves, Jonny Castro; Adama Traore, Raul Jimenez, Diogo Jota
Pelatih: Nuno Espirito Santo

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Paulo Gazzaniga; Serge Aurier, Davinson Sanchez, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen; Moussa Sissoko, Eric Dier; Lucas Moura (Christian Eriksen), Bamidele Alli (Harry Winks), Son Heung-min (Juan Foyth); Harry Kane
Pelatih: Jose Mourinho

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019