Seoul (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengadakan pembicaraan telepon setengah jam tentang cara-cara untuk mempertahankan diplomasi dengan Korea Utara, Seoul mengatakan pada hari Sabtu, ketika Pyongyang memperingatkan berkurangnya kesabaran dengan pembicaraan nuklir terhenti.

Kedua pemimpin sepakat bahwa situasinya telah menjadi "parah" dan bahwa "momentum dialog harus dijaga untuk mencapai hasil segera dari perundingan denuklirisasi," kata presiden Korea Selatan Blue House dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Trump: Tidak ada alasan gelar latihan perang AS-Korsel saat ini

Mereka juga setuju untuk berkonsultasi secara teratur sesuai kebutuhan, kata pernyataan itu.

Ketegangan meningkat menjelang batas waktu akhir tahun yang ditetapkan oleh Korea Utara, yang telah meminta Amerika Serikat untuk mengubah kebijakannya menuntut denuklirisasi sepihak atau pemimpin Kim Jong Un dapat memilih "jalan baru" yang tidak ditentukan.

Dalam serangkaian pernyataan pada beberapa pekan terakhir, para pejabat senior Korea Utara telah memperingatkan Amerika Serikat untuk tidak mengabaikan tenggat waktu, dan menyebut tawaran Washington untuk mengadakan lebih banyak pembicaraan sebagai taktik mengulur menjelang pemilihan di AS tahun depan.

Baca juga: Gedung Biru: Presiden Moon, Trump akan bahas Korut

Sekutu lama, Amerika Serikat dan Korea Selatan juga dalam negosiasi mengenai berapa banyak akan membayar untuk mendanai sekitar 28.500 tentara AS yang ditempatkan di Korea Selatan.

Trump telah menuntut agar Seoul membayar sebanyak 4 miliar dolar lebih per tahun, menurut pejabat Korea Selatan, dan perundingan putaran keempat berakhir di Washington pada hari Rabu tanpa kesepakatan.

Gedung Biru mengatakan perselisihan pembagian biaya tidak dinaikkan selama percakapan telepon Moon dengan Trump pada hari Sabtu. 

Sumber: Reuters

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2019