Jakarta (ANTARA) - Australia akan menghadapi Lionel Messi dan Argentina pada Copa America tahun depan setelah diundi masuk satu grup dengan salah satu tuan rumah turnamen itu Selasa.

Socceroos, salah satu tim tamu yang diundang ke kejuaraan sepak bola Amerika Selatan itu, berada di Grup A bersama Argentina, Paraguay, Bolivia, Uruguay dan Chile.

Di Grup B, juara Asia Qatar yang menjadi tim tamu lainnya, akan menantang Kolombia, Brasil, Venezuela, Ekuador dan Peru, yang semua pertandingan digelar di Kolombia.

Australia dan Qatar diputuskan mengikuti turnamen ini dalam seremoni pengundian turnamen ini Selasa waktu setempat.

Turnamen tahun depan itu diselenggarakan di Argentina dan Kolombia yang keduanya dipisahkan sampai jarak 7.000 kilometer.

Pelatih Australia Graham Arnold mengaku sangat menunggu pertemuan dengan Argentina di Buenos Aires.

"Itu yang jadi perhatian, ini soal menguji diri sendiri pada level tertinggi," kata Arnold sehabis pengundian itu. "Para pemain juga sangat senang memiliki kesempatan sangat besar itu."

Baca juga: Daftar juara Copa America, Brasil kini koleksi sembilan trofi

Arnold adalah anggota skuat Socceroos yang dikalahkan Argentina di bawah dirijen Diego Maradona pada 1993 dalam pertandingan playoff Piala Dunia 1994.

"Pada masa lalu pada 1990-an kami pernah menghadapi Argentina dan Maradona di sana dan seandainya Anda berbicara dengan para pemain yang terlibat maka Anda akan tahu betapa itu pengalaman hebat," kata Arnold seperti dikutip AFP.

"Pemain-pemain kami belum pernah punya pengalaman bermain di Amerika Selatan. Jadi bisa bermain di Amerika Selatan di stadion-stadion hebat itu adalah lingkungan seperti itu adalah akan menghebohkan."

Copa America 2020 untuk pertama kali dalam sejarah modern turnamen itu dituanrumahi dua negara.

Argentina dan Kolombia dipilih sebagai tuan rumah setelah badan sepak bola Amerika Selatan CONMEBOL menolak tawaran federasi sepak bola Amerika Serikat menambah peserta Copa America menjadi 16 tim.

Baca juga: Pidato Messi buat skuat Argentina menangis di Copa America

Baca juga: Messi dikartu merah, tapi Argentina sukses jadi peringkat ketiga


Turnamen ini edisi 2020 juga berubah format yang kali ini akan melewati dua putaran grup yang masing-masing berisi enam tim. Empat teratas masing-masing grup berhak lolos ke perempat final.

Turnamen yang dituanrumahi Argentina dibuka dengan pertandingan tuan rumah melawan Chile pada 12 Juni di Buenos Aires.

Australia akan mengawali turnamen itu melawan Uruguay pada 13 Juni, sedangkan Qatar membuka partisipasinya dengan melawan Peru pada 14 Juni.

Turnamen yang berlangsung dari 12 Juni sampai 12 Juli itu adalah edisi ke-47 Copa America yang merupakan kompetisi sepak bola internasional paling tua di dunia, demikian AFP.

Baca juga: CONMEBOL anggap tuduhan Messi melecehkan, tapi tak ada ancaman hukuman

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019