Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR Syariefuddin Hasan meminta agar keberpihakan pemerintah terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) meningkat mengingat kontribusi sektor tersebut mencapai 60 persen terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

“Saya sudah pesan ke Kementerian Koperasi dan UKM bahwa keberpihakan terhadap UMKM harus semakin ditingkatkan. Hal itu tercermin dari kehadiran Kementerian UMKM pada acara Pameran Nuansa Tanpa Batas di Kementerian Perindustrian ini,” kata dia di Jakarta, Senin.

Syarief menyampaikan hal tersebut saat meresmikan Pameran Nuansa Tanpa Batas dengan tema ‘Gemilang NTB’ yang menghadirkan keunggulan produk-produk dari Nusa Tenggara Barat (NTB) di Plasa Pameran Industri Kemenperin, Jakarta.

Menurut dia, produk-produk potensial Indonesia karya UMKM juga sepatutnya dikonsumsi oleh masyarakat, karena dari segi kualitas memiliki keunggulan tersendiri.

Untuk itu, Syarief meminta agar anggota Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) yang menyelenggarakan pameran tersebut mampu menonjolkan berbagai keunggulan produk-produk daerah di seluruh nusantara.

“Kami juga meminta agar anggota IPEMI mengkonsumsi produk-produk dalam negeri. Sehingga, konsumsi masyarakat akan meningkat dan UMKM akan semakin maju,” ungkap mantan Menteri Koperasi dan UKM itu.

Diketahui, Pameran Nuansa Tanpa Batas digelar pada 2-6 Desember 2019, yang menghadirkan berbagai kegiatan seperti tarian daerah dari Nusa Tenggara Barat (NTB), fashion show tenun dan asesoris daerah, pameran kesenian, kuliner dan fashion daerah, fashion show busana eco print, talkshow, lomba kreasi bahan daur ulang hingga peluncuran kantong ramah lingkungan IPEMI.

Pameran tersebut terselenggara atas kerja sama IPEMI dan Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian.


Baca juga: Teten siapkan strategi perluasan pasar UKM sektor riil unggulan
Baca juga: Pemerintah diminta jadikan Kemenkop UKM tumpuan ekonomi bangsa
Baca juga: Pengamat: Penurunan suku bunga KUR picu pertumbuhan UMKM


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019