Jakarta (ANTARA) - Sebanyak empat pemain telah terpilih untuk mengisi timnas bola basket 3x3 putra yang akan mewakili Indonesia dalam ajang SEA Games 2019 di Filipina, 30 November-11 Desember.

Keempat pemain tersebut yakni Surliyadin (Prawira Bandung), Rivaldo Pangesthio dan Sandy Ibrahim Azis (Satria Muda Pertamina), serta Oki Wira Sanjaya.

Pelatih kepala timnas 3x3 putra yang juga merupakan mantan pemain nasional, Ali Budimansyah mengatakan bahwa pemilihan keempat pemain ini melihat kebutuhan tim dalam menghadapi semua lawan di SEA Games 2019.

"Setelah menjalani pelatnas dan sejumlah pertandingan uji coba baik di dalam dan luar negeri akhirnya terpilih empat pemain untuk bertanding di SEA Games Filipina. Pemilihan pemain ini berdasarkan kebutuhan tim guna menghadapi lawan," kata Ali Budimansyah melalui sumber tertulis di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Timnas basket 3x3 putra optimistis rebut emas SEA Games 2019

Timnas ini juga menargetkan merebut medali emas yang dinilai semakin realistis, mengingat timnas basket putra 3x3 Indonesia berada satu grup bersama Singapura, Thailand, dan Kamboja.

"Kami yakin bisa sampai final dan meraih emas," tutur Ali menambahkan.

Keyakinan tinggi untuk meraih medali emas SEA Games 2019 juga disambut positif oleh manajer tim 3x3 putra Indonesia Rama Datau. Melihat persiapan matang yang telah dilakukan, ia optimistis timnya bisa memberikan hasil yang maksimal.

"Anak-anak sekarang dalam kondisi baik dan siap untuk bertanding. Mudah-mudahan dengan materi latihan yang telah diberikan oleh pelatih selama ini, semoga kita bisa memberikan yang terbaik di SEA Games nanti," kata Rama.

Untuk tampil di pesta olah raga negara-negara Asia Tenggara tersebut, timnas bola basket 3x3 putra telah menjalankan pemusatan latihan nasional dan seleksi sejak bulan Agustus. Demi mematangkan persiapan, timnas 3x3 putra juga telah mengikuti sejumlah turnamen internasional seperti bertanding di Maladewa dan Chinese Taipei.

Selain uji tanding ke luar negeri, timnas basket putra 3x3 juga menggelar turnamen di Jakarta dengan mengundang timnas 3x3 Vietnam, Malaysia, Chinese Taipei serta salah satu tim 3x3 profesional dari Filipina, "Chooks to Go". Hasilnya dari turnamen itu, timnas 3x3 Indonesia berhasil mendapatkan peringkat kedua.

Peluang bola basket 3x3 putra untuk merebut medali emas terbuka lebar. Pasalnya, cabang olah raga ini baru pertama kali dipertandingkan di SEA Games 2019 serta timnas Indonesia telah melakukan persiapan yang matang. Bola basket 3x3 akan dipertandingkan pada 1-2 Desember di Filoil Arena, Manila.

Baca juga: Tim basket 3x3 putri jalani laga uji coba di Jepang sebelum SEA Games

Baca juga: Ke Serbia tanpa pemain asing, ini jadwal timnas basket putra

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019