Pemprov Papua kumpulkan data terkait desa fiktif

Pemprov Papua kumpulkan data terkait desa fiktif

Sekda Provinsi Papua Hery Dosinaen (tengah) saat ditemui awak media. ANTARA/Hendrina Dian Kandipi/am.

Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengklaim tengah menyeriusi permasalahan munculnya desa fiktif yang belakangan viral di berbagai wilayah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen kepada ANTARA di Jayapura, Selasa, mengatakan kini pihaknya tengah mengumpulkan data mengenai permasalahan desa fiktif.

Baca juga: Kemendagri kirimkan tim ke Sultra usut dugaan desa fiktif

"Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mendampingi kami sehingga dalam kesempatan ini juga akan melihat semua hal termasuk desa fiktif tersebut," katanya.

Menurut Hery, selain itu juga akan melihat terkait jumlah penduduk, jumlah Orang Asli Papua (OAP) yang ada di Bumi Cenderawasih.

Baca juga: Polda Sulawesi Tenggara dalami dugaan desa fiktif terima dana pusat

"Kami juga akan melihat lebih dalam mengenai penyegaran pemerintahan hingga pemekaran-pemekaran distrik dan kampung," ujarnya.

Dia menjelaskan hingga kini belum ada laporan terkait desa fiktif di Provinsi Papua, namun hal ini akan menjadi salah satu fokus yang diseriusi.

Baca juga: Gubernur Sulawesi Tenggara belum cek keberadaan desa fiktif

"Dari kabupaten dan kota belum ada laporan yang jelas terkait desa fiktif ini, seperti apa kondisi kampung-kampung, namun kami mencoba melihat secara komprehensif," katanya lagi.

Dia menambahkan jika ditemukan adanya desa fiktif, maka pihaknya akan melakukan tindakan tegas sesuai ketentuan yang berlaku.
Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019