Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara melalui Suku Dinas Perindustrian dan Energi memfasilitasi pameran produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kreatif di Kantor Walikota Jakarta Utara, Senin.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Utara Suroto mengatakan pameran itu merupakan wujud nyata peningkatan ekonomi kerakyatan, rasa cinta produk dalam negeri, serta bagian dari pembinaan terhadap produk binaan.

"Kami mendukung pengembangan kewirausahaan terpadu (PKT) sebagai program prioritas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," jelas Suroto.

Melalui penyelenggaraan pameran itu diharapkan dapat membantu para IKM Kreatif untuk memperluas jaringan pemasaran dan meningkatkan pendapatan yang diperoleh.

Selain itu, para IKM dapat bersaing dengan produk industri sejenis lainnya yang telah beredar di pasar. Pameran digelar guna memberikan fasilitas pemasaran hasil produk binaan.

Selain dapat meningkatkan pendapatan, Suroto berharap para IKM Kreatif mampu membuka peluang lapangan pekerjaan, serta menghasilkan wirausaha baru potensial di Kota Jakarta.

Baca juga: 60 industri kecil ikuti "Gelar Produk IKM Kreatif 2019" di Jaksel

Baca juga: Produk IKM Sulut bakal dipamerkan di Jakarta

Baca juga: 30 IKM perhiasan ramaikan Jakarta Internasional Jewellery Fair


"Kami mengharapkan momen ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk mengembangkan usaha," jelasnya.

Kepala Bidang Industri Dinas PE DKI Jakarta, Elisabeth Ratu mengatakan pemasaran tidak hanya dilakukan luar jaringan (luring) atau offline, tetapi dinas juga telah bekerjasama sejumlah marketplace yang membantu para IKM Kreatif memasarkan produk melalui aplikasi dalam jaringan (daring) atau online.

"Ini kami lalukan tujuannya sebagai wadah pelaku usaha binaan mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan produk. Terutama melanjutkan atau sebagai salah satu tahapan dari program PKT," jelas Ratu.

Pewarta: Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019