Ini merupakan program kita yang memang didambakan dan dibutuhkan nelayan dan Alhamdulillah hari ini kami implementasikan. Kami berharap bantuan ini dapat dipergunakan dengan baik dan juga harus merawatnya agar tidak cepat rusak
Mamuju (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar menyerahkan sejumlah bantuan antara lain sarana dan prasarana kepada nelayan di daerah itu di sela-sela pembukaan Forum Kenelayanan Sulbar, di Ballroom Grand Maleo Hotel Mamuju, Selasa.

Bantuan sarana dan prasarana yang diberikan itu berupa, kapal, sandeq atau perahu, rumpon, mesin dalam dan mesin katitting.

Selain sarana dan prasarana alat tangkap ikan, bantuan lain yang diberikan Gubernur kepada para nelayan di daerah itu, yakni, 10 unit motor Pa'gandeng kepada kelompok nelayan Siamasei, lima unit mobil pemasar ikan kepada kelompok nelayan Eka Wijayah serta cool box kepada kelompok nelayan Pandawa Lima.

Selain sejumlah bantuan tersebut, terdapat pula bantuan premi asuransi untuk nelayan di lima kabupaten yang ada di Sulbar, masing-masing Mamuju sebanyak 983 orang, nelayan di Kabupaten Majene sebanyak 863 orang, sebanyak 800 nelayan di Polewali Mandar, di Kabupaten Mamuju Tengah sebanyak 368 nelayan serta 190 nelayan Pasangkayu.

Penyerahan bantuan premi asuransi nelayan, dilakukan oleh Direktur Pengelola Sumber Daya Ikan (PSDI) Syahril Abd Rauf.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengatakan, bantuan yang diberikan kepada nelayan tersebut, merupakan implementasi dari program yang telah direncanakan yang didambakan nelayan Sulbar selama ini.

"Ini merupakan program kita yang memang didambakan dan dibutuhkan nelayan dan Alhamdulillah hari ini kami implementasikan. Kami berharap bantuan ini dapat dipergunakan dengan baik dan juga harus merawatnya agar tidak cepat rusak," ujar Ali Baal Masdar.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Sulbar Syamsul Ma'rif mengatakan, bantuan yang diberikan kepada nelayan merupakan hibah dari pemerintah setempat melalui DKP Sulbar tahun anggaran 2019.

"Dari sekian banyak hibah yang diberikan bapak Gubernur kepada nelayan yang kami programkan dalam satu tahun terakhir ini, kami hanya bisa mengambil sampai lima kabupaten saja," kata Samsul.

Pada kegiatan itu, Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar yang didampingi Pelaksana tugas Kepala DKP Sulbar Samsul Ma'rif melakukan test drive motor pa'gandeng dan mobil pemasar ikan.

Baca juga: Sulbar latih 1.000 nelayan tingkatkan kualitas tangkapan ikan tuna

Baca juga: Gubernur harapkan BUMD jadi motor penggerak ekonomi

 
Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar saat melakukan test drive motor pa'gandeng pada Forum Kenelayanan Sulbar, di Ballroom Grand Maleo Hotel Mamuju, Selasa (5/11). (Foto Humas Provinsi Sulbar)

Pewarta: Amirullah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019