Salah satu solusi untuk menurunkan angka kemiskinan di Jabar adalah dengan adanya Badan Amil Zakat (BAZ) yang menghimpun zakat dari masyarakat. Dan kami berharap zakat bisa menurunkan kemiskinan tak hanya di Jabar tapi di Indonesia,
Bandung (ANTARA) - Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan keberadaan zakat sangat penting dan zakat bisa menjadi salah satu solusi untuk menurunkan angka kemiskinan di masyarakat.

"Salah satu solusi untuk menurunkan angka kemiskinan di Jabar adalah dengan adanya Badan Amil Zakat (BAZ) yang menghimpun zakat dari masyarakat. Dan kami berharap zakat bisa menurunkan kemiskinan tak hanya di Jabar tapi di Indonesia," Wagub Uu saat memberikan sambutan pada pertemuan tahunan dan konferensi internasional World Zakat Forum Tahun 2019, di Kota Bandung, Selasa.

Ia mengemukakan bahwa zakat sangat kuat berpotensi menjadi solusi untuk menurunkan angka kemiskinan karena dengan zakat bisa membuat berbagai program bantuan sosial dan pendidikan.

"Dan kami dari Pemprov Jabar sangat mengapresiasi kegiatan ini yang digelar di Jabar. Mudah-mudahan bisa semakib mengoptimalkan potensi zakat di Jabar," katanya.

Sejumlah tokoh organisasi pengelola zakat dari 30 negara hadir pada acara konferensi internasional World Zakat Forum (WZF) 2019 yang dilaksanakan pada Selasa hingga Kamis (7/11) 2019 di Kota Bandung, Jawa Barat.

Konferensi internasional bertajuk "Optimizing Global Zakat Role trough Digital Technology" itu akan membahas beberapa isu dan salah satu topik yang diangkat bagaimana mengoptimalkan zakat dengan teknologi digital.

Konferensi ini juga dihadiri anggota asosiasi, seperti IDB, UNICEF, D-8, UNDP, dan Bank Indonesia. BAZNAS se-Indonesia, pimpinan daerah dan dinas terkait, akademisi dan peneliti, Lembaga Amil Zakat, Rumah Zakat, organisasi non pemerintah, perwakilan institusi multinasional, mahasiswa, dan masyarakat umum juga ikut berpartisipasi.

Baca juga: Konsep filantropi Islam diyakini bisa entaskan kemiskinan

Baca juga: Saatnya zakat menjadi solusi masalah kemiskinan

Baca juga: Bappenas ingin zakat digunakan untuk bantu atasi kemiskinan

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019