Jakarta (ANTARA) - Sebagai wujud komitmen kepada negeri, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memperluas dan meningkatkan kualitas layanan IndiHome di Indonesia bagian timur guna memangkas kesenjangan digital.

"Telkom berkomitmen tinggi menghadirkan layanan IndiHome hingga ke wilayah pelosok, khususnya di Timur Indonesia. Selama ini kami dalam mengembangkan jaringan tak hanya memikirkan sisi bisnis, tetapi juga pemerataan pembangunan, sesuai tugas BUMN sebagai agen perubahan," kata Direktur Consumer Service Telkom, Siti Choiriana melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Siti menjelaskan sejauh ini untuk operator layanan "Fiber to the Home (FTTH), hanya Telkom Indonesia yang telah membangun infrastruktur mulai dari "backbone" hingga jaringan akses melayani Sabang sampai Merauke. Menurut dia, membangun jaringan internet di Indonesia bagian timur merupakan tantangan bagi operator.

Di sisi lain, penggunaan fiber optik sedang dalam penyelesaian di mana solusi ini nanti akan meminimalisasi tingkat gangguan internet.

Baca juga: Telkom perluas layanan internet IndiHome hingga Pulau Rote

Telkom berkomitmen menghadirkan layanan internet di 514 ibu kota kabupaten kota (IKK) termasuk wilayah 3T. Secara khusus di Kawasan Timur Indonesia, Telkom telah memiliki 520.000 sambungan layanan.

Sebarannya mulai dari Sulawesi seperti Sulawesi Selatan sebanyak 160 ribu sambungan layanan, Sulawesi Utara (67 ribu), Sulawesi Tengah (64 ribu), Sulawesi Tenggara (39 ribu), Gorontalo (33 ribu) dan Sulawesi Barat (15 ribu), hingga Maluku (41 ribu) dan Maluku Utara (19 ribu). Bahkan di Papua, IndiHome telah memiliki 47 ribu sambungan layanan dan di Papua Barat sebanyak 35 ribu sambungan layanan.

Fokus Telkom tahun ini adalah mewujudkan "Best in Class Customer Experiencence".

"Oleh sebab itu kami selalu bergerak cepat jika ada permintaan dan gangguan terhadap layanan, meskipun itu di daerah pelosok sekalipun," kata Siti.

IndiHome merupakan layanan digital menggunakan teknologi fiber optik yang menawarkan layanan terdiri dari internet rumah (fixed broadband internet), telepon rumah (fixed phone) dan TV interaktif. IndiHome juga menawarkan layanan internet rumah dengan telepon rumah atau internet rumah dengan TV interaktif. Saat ini IndiHome melayani lebih dari 6,5 juta pelanggan di seluruh Indonesia.

Baca juga: Jumlah pelanggan IndiHome Telkom tembus 4 juta

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019