"Ini menjadi kebanggaan bagi daerah, maka kita harus dapat memaksimalkan penyelenggaraan festival tahunan ini," ujar Wakil Ketua Komisi III DPRD Gorontalo Utara Mikdad Yeser,
Gorontalo (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo menyampaikan kebanggaan atas terpilihnya Festival Saronde menjadi salah satu event pariwisata nusantara yang masuk dalam Kalender Pariwisata Nasional Tahun 2020.

"Ini menjadi kebanggaan bagi daerah, maka kita harus dapat memaksimalkan penyelenggaraan festival tahunan ini," ujar Wakil Ketua Komisi III DPRD Gorontalo Utara Mikdad Yeser, di Gorontalo, Sabtu.
Baca juga: Gorontalo Utara sambut Festival Saronde masuk iven pariwisata nasional

Ia berharap, pemerintah daerah mampu secara maksimal menyusun agenda-agenda kepariwisataan yang akan menunjang keberhasilan event besar Festival Saronde 2020.

"Masuk dalam Top 100 event kalender pariwisata nasional, tentu tidaklah mudah maka kesempatan ini jangan sampai disia-siakan," ujar politikus NasDem yang menaruh perhatian serius terhadap peningkatan infrastruktur pariwisata di daerah itu.

DPRD, kata Mikdad, berharap pemerintah daerah mampu membangun konsep yang tepat menyambut Festival Saronde yang menusantara dan mendunia.

Ke depan, sebaiknya pemerintah daerah mampu memposisikan festival bukan sekadar festival rakyat, namun lebih kepada bagaimana meningkatkan penghasilan masyarakat sekitar dengan membludaknya pengunjung yang datang.
Baca juga: Gorontalo Utara gelar festival Saronde dukung Sail Tomini

Pemerintah daerah pun diharapkan mulai membangun koordinasi dan komunikasi lintas sektor, mengingat ini adalah event besar yang memerlukan perhatian serius dan kerja bersama.

"Kita harus mampu menggarap seluruh persiapannya dengan baik, melibatkan seluruh pihak, serta mempersiapkan dengan matang minimal 6 bulan sebelum festival digelar," ujar Mikdad.

Ia optimistis, dengan perencanaan dan konsep yang tepat, Festival Saronde mampu memikat wisatawan untuk berkunjung ke daerah ini.

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019