kita juga sedang menggagas program kunjungan yang tidak hanya dapat menikmati wisata di Malaysia saja tapi juga dapat berkunjung ke Indonesia termasuk Aceh
Banda Aceh (ANTARA) - Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Zainal Abidin Bakar menyatakan akan terus memperkuat kerja sama Malaysia dengan Pemerintah Aceh mengingat Aceh memiliki banyak potensi terutama sektor pariwisata.

"Kami telah bertemu dengan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dan membicarakan sejumlah potensi yang ada di provinsi ini untuk dikerjasamakan dalam upaya meningkatkan hubungan bilateral," kata Datuk Zainal Abidin Bakar di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya kepada awak media dalam kegiatan kunjungan ke Aceh untuk misi promosi Malaysia di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu.

Ia menjelaskan ada beberapa bidang yang ikut dibahas dalam pertemuan dengan orang nomor satu di Provinsi Aceh yakni sektor pariwisata, pendidikan, ekonomi dan bidang investasi.

Baca juga: Gubernur Aceh undang pengelola wisata ASEAN

Menurut dia, Aceh dan Malaysia memiliki hubungan sejarah, persaudaraan dan kesamaan, sehingga menjadi salah satu pertimbangan untuk memperkuat kembali kerja sama di berbagai bidang.

Ia mengatakan Aceh memiliki potensi besar di sektor pariwisata dan pihaknya bertekad untuk menghadirkan berbagai program yang dapat menguntungkan ke dua kawasan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Artinya, kita juga sedang menggagas program kunjungan yang tidak hanya dapat menikmati wisata di Malaysia saja tapi juga dapat berkunjung ke Indonesia termasuk Aceh," katanya.

Pihaknya juga berkomitmen untuk mempromosikan sektor wisata Aceh di Malaysia khususnya melalui agen perjalanan dengan paket-paket wisata yang ditawarkan kepada masyarakat di negaranya tersebut.

Ia menambahkan sepanjang tahun 2018, ada 24 ribu pelancong Malaysia berkunjung ke Aceh dan jumlah tersebut akan terus bertambah seiring terus meningkatnya promosi sektor wisata baik di Aceh dan juga ke Malaysia.

Baca juga: Malaysia tertarik promosikan pariwisata dataran tinggi Gayo

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019