Mudah-mudahan di samping kita terus bekerja sama, Pak Harso bisa membawa Bappenas untuk mampu memberikan perencanaan yang semakin kuat
Jakarta (ANTARA) - Sambutan yang diberikan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas periode 2014-2019 Bambang Brodjonegoro saat acara serah terima jabatan Menteri PPN baru periode 2019-2024 kepada Suharso Monoarfa diiringi suasana haru.

“Tentunya Bapak dan Ibu tahu Pak Harso mulai hari ini adalah nahkoda Bappenas. Kementerian PPN itu akan berada di tangan Bapak. Selamat datang dan berkiprah di Bappenas,” katanya di Kantor Bappenas, Jakarta, Rabu.

Bambang tidak bisa menahan air mata ketika ia mengenang pengalamannya bekerja di Bappenas selama sekitar 3,5 tahun dengan dikelilingi oleh para staf yang sangat pintar dan menghormatinya.

Baca juga: Kementerian PPN/Bappenas gelar serah terima jabatan Menteri PPN

Pidato sambutannya sempat terhenti beberapa kali karena Bambang semakin terisak saat melihat para pegawai Kementerian PPN menghadiri acara sertijab.

Tak lama, mereka memberikan tepuk tangan yang riuh dan berlangsung cukup lama untuk memberi semangat kepada Bambang.

“Paling tidak selama 3 tahun lebih, saya punya 'privilege' untuk bisa bekerja bersama staf yang mayoritas orang pintar dan 'dedicated',” ujarnya.

Ia juga memberikan pesan kepada Menteri PPN Suharso Monoarfa untuk terus mendorong adanya inovasi kebijakan dan perencanaan agar Indonesia terjauh dari "middle trap income" serta dapat memenangkan persaingan global yang semakin kuat.

“Mudah-mudahan di samping kita terus bekerja sama, Pak Harso bisa membawa Bappenas untuk mampu memberikan perencanaan yang semakin kuat dan bisa mendorong implementasi program,” katanya.

Baca juga: Bambang Brodjonegoro, dari pimpin Bappenas mulai urus ristek-inovasi

Bambang melanjutkan dengan memberikan ucapan terima kasih kepada seluruh pegawai yang telah membantunya selama ia menjabat sebagai Menteri PPN sekaligus Kepala Bappenas selama sekitar 3,5 tahun.

“Sekali lagi, terima kasih untuk teman-teman Bappenas atas dukungan yang luar biasa selama saya di sini ya 3 tahun. Saya harapkan dukungan yang sama bisa diberikan dengan kapasitas saya yang baru sebagai Menristek,” ujarnya.

Ia pun tak lupa mengajak para pegawai Kementerian PPN untuk terus mendukung Menteri PPN Suharso dalam upaya menjadikan Indonesia sebagai negara maju, negara yang tidak biasa, dan negara yang berilmu.

“Saya meminta maaf apabila ada sikap saya selama 3,5 tahun yang tidak berkenan untuk Bapak dan Ibu. Selamat bekerja dan semoga sukses selalu,” ujarnya.

Berikutnya, Bambang akan melanjutkan kariernya sebagai Menteri Riset dan Teknologi untuk pemerintahan Jokowi jilid II 2019-2024.

Baca juga: Presiden minta Bambang Brodjonegoro tingkatkan daya saing ekonomi

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019