Keterlibatan pengusaha muda diharapkan bisa terjadi transfer teknologi di dalam industri dalam negeri yang ke depan dapat mendukung Kedaulatan Ekonomi Nasional.
Surabaya (ANTARA) - Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Surabaya, Jawa Timur, Muhammad Luthfy mengharapkan Bahlil Lahadalia yang ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berani membuat regulasi investasi yang melibatkan pengusaha muda.

"Selama menjadi Ketua Umum Hipmi, Bahlil Lahadalia selalu peduli dan menekankan kepada pemerintah akan pentingnya keterlibatan pengusaha muda dalam pembangunan ekonomi bangsa karena pengusaha muda inilah yang akan menjadi pilar utama kedaulatan ekonomi bangsa, pengusaha Indonesia," kata Lutfy ketika dikonfirmasi di Surabaya, Rabu.

Oleh karena itu, Lutfy yang merupakan nakhoda baru Hipmi Surabaya ini berharap banyak agar Bahlil bisa melibatkan langsung pengusaha-pengusaha muda dalam programnya.

"Kami mendukung dengan ditunjuknya Bahlil sebagai kepala BKPM, harapan kami para pengusaha muda tidak hanya menerima uang investasinya saja, akan tetapi berani membuat regulasi yang mengharuskan keterlibatan pengusaha muda nasional," tuturnya.

Baca juga: Jadi Kepala BKPM, Bahlil akan pastikan realisasi investasi yang masuk

Keterlibatan pengusaha muda, kata Lutfy, diharapkan bisa terjadi transfer teknologi di dalam industri dalam negeri yang ke depan dapat mendukung Kedaulatan Ekonomi Nasional.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menunjuk Bahlil Lahadalia sebagai Kepala BKPM dan dia berjanji akan meningkatkan realisasi investasi yang masuk ke Indonesia.

Mantan Ketua Hipmi ini mengakui masalah investasi  tidak gampang karena banyak masalah yang dihadapi, salah satunya tumpang tindihnya regulasi, masalah kepemilikan tanah, sehingga banyak investor membatalkan investasinya.

"Langkah pertama regulasi. Tapi saya belum bisa jelaskan, saya belum data tahu riil dari kantor (BKPM)," kata Bahlil usai dilantik Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu.

Baca juga: Bahlil Lahadalia, merangkak dari kondektur hingga calon menteri

Dia mengaku sebagai pengusaha, sedikit banyak mengetahui permasalahan yang timbul tidak teralisasinya investasi, namun dirinya belum tahu data secara pasti dari BKPM penyebab turunnya investasi ke Indonesia selama ini.

"Nanti kalau sudah sampai di kantor saya bisa bicara banyak," kata Bahlil yang mengaku baru mengetahui menduduki pos BKPM saat diumumkan oleh Presiden Jokowi.

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019