Kasetpres sarankan hotel untuk tamu negara di sekitar Gedung MPR RI

Kasetpres sarankan hotel untuk tamu negara di sekitar Gedung MPR RI

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono ditemui di halaman Istana Negara, Jakarta pada Kamis (17/1/2019). (Bayu Prasetyo)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyarankan penginapan untuk tamu negara yang akan hadir dalam Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024 berada di dekat kawasan gedung MPR/DPR RI.

"Kami harus mempertimbangkan waktu yang sempit untuk semua kepala negara untuk masuk ke Gedung DPR/MPR. Maka yang kami rekomendasikan yang di sekitar gedung DPR/MPR," kata Heru di halaman Istana Negara, Jakarta pada Kamis.

Heru menyebutkan sejumlah hotel tersebut antara lain Hotel Fairmont, Hotel Mulia, Hotel Sultan ataupun Hotel Four Season.

Beberapa tamu negara bahkan sudah ada yang memesan kamar di Hotel Mandarin dan Hotel Grand Hyatt.

Selain itu Heru menyebutkan pengamanan di sejumlah penginapan itu pun diperketat.
"Pengamanan diperketat sudah mulai hari ini. Kan ada yang sudah datang Sabtu," ungkap Heru.

Selain persiapan hotel, Kasetpres juga mempersiapkan kendaraan khusus tamu negara.
Sebanyak 18 sedan Mercedes Benz yang terdiri dari tipe S450 dan E300 disewa istana untuk kendaraan tamu negara.

Pemerintah juga tengah mempersiapkan acara pertemuan resmi atau "courtesy call" para tamu negara dengan Presiden Joko Widodo pada Minggu (20/10).

Rencananya, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan dilangsungkan di Gedung MPR RI, Senayan, Jakarta pada Minggu siang.

Sejumlah kepala pemerintahan/negara dan utusan negara sahabat yang berencana datang pada acara pelantikan antara lain Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan, dan Wakil Perdana Menteri Thailand Prawit Wongsuwan, serta beberapa utusan negara dari Amerika Serikat dan Laos. 

Baca juga: Kasetpres: "Mercy" untuk tamu negara sewaan

Baca juga: Belasan "Mercy" parkir untuk tamu negara di Istana

Baca juga: Sebelum pelantikan, Jokowi akan terima tamu negara

Baca juga: Istana persiapkan akomodasi tamu negara saat pelantikan presiden
Pewarta : Bayu Prasetyo
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019