masyarakat dapat memanfaatkan listrik sebaik-baiknya sehingga membawa perubahan kehidupan yang lebih baik
Kupang (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno pada Minggu (6/10)  dijadwalkan meresmikan lima pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) komunal yang dibangun di wilayah NTT.

"Bu Menteri besok akan berkunjung ke Pulau Massa Desa Pasir Putih di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, untuk meresmikan satu PLTS di desa itu dan sisanya diresmikan secara simbolis, " kata Manager Komunikasi PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur Soelistyoadi Nikolaus kepada wartawan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Sabtu.

Baca juga: Memanen cahaya matahari di bumi NTT demi target rasio elektrifikasi

Nikolaus mengatakan bahwa lima PLTS yang akan diresmikan itu tiga di antaranya berlokasi di Kabupaten Manggarai Barat yakni di Desa Messa, yang nantinya akan dikunjungi oleh Menteri Rini dan Desa Serayu Maranu, serta Desa Batu Tiga.

Sementara sisanya tersebar di Kabupaten Manggarai yakni di Desa Nuca Molas, dengan jumlah calon pelanggan sebanyak 273 sambungan dan satu lagi berada di Desa Usulanu Kabupaten Rote Ndao dengan jumlah calon pelanggan 74  sambungan.

"Kalau di Desa Pasir Putih Pulau Messa jumlah calon pelanggan sebanyak 473 sambungan dan di Desa Seraya Maranu sebanyak 150 calon pelanggan ditambah 144 calon pelanggan di Desa Batu Tiga", ujar dia.

Menurut dia, jumlah calon pelanggan pada lima lokasi di Nusa Tenggara Timur tersebut sebanyak 1.114 sambungan.

Baca juga: PLN bangun 11 unit PLTS di NTT pada 2019

Ia berharap dengan akan diresmikannya lima PLTS komunal itu masyarakat dapat memanfaatkan listrik dengan sebaik-baiknya sehingga membawa perubahan kehidupan yang lebih baik. 

"Semoga masyarakat dapat memanfaatkan listrik dengan sebaik-baiknya, membawa perubahan yang lebih baik terutama untuk kehidupan sosial dan perekonomian masyarakat," tegas Niko. 

Baca juga: NTT miliki 10 PLTS yang terpusat di Sumba Barat

 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019