Alhamdulillah, Allah SWT masih menyelamatkan ayah dan bisa pulang bertemu dengan Gian,
Padang (ANTARA) -
Salah seorang anak perantau Minang korban kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, yang berasal dari Sungai Rampan, Koto Nan Tigo IV Koto Hilie, Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bernama Gian (13) hingga kini tidak percaya akan kabar bahwa ibu dan adiknya meninggal dunia dengan cara mengenaskan

"Awalnya sempat tidak percaya, apalagi mendengar kabar kalau ibu dan adik saya sudah meninggal karena dibakar," katanya dalam kesaksian di Padang, Rabu.
 
Akan tetapi,  ia terpaksa harus bersabar menerima kenyataan pahit itu dan bersyukur karena ibu dan adiknya bisa dibawa pulang dan Gian bisa melihat mereka untuk yang terakhir kalinya.
 
"Alhamdulillah, Allah SWT masih menyelamatkan ayah dan bisa pulang bertemu dengan Gian," ujarnya.
 
James Lugian Rizal (13) atau sering disapa Gian itu merupakan anak pertama salah seorang korban perantau Minang Erizal (42) yang berhasil menyelamatkan diri dari kerusuhan di Wamena dengan berpura-pura mati.

Ribuan perantau Minang di Wamena akan dipulangkan dengan kapal


Gian merupakan anak pertama dari dua orang bersaudara, namun sekarang tinggal sendiri dan terpaksa mengikhlaskan kepergian adiknya yang baru berumur delapan tahun akibat kerusuhan di Wamena.
 
Ia memang tidak ikut merantau bersama ayah, ibu dan adiknya ke Wamena karena Gian tengah bersekolah di SMP Serambi Mekkah di Padang Panjang.
 
Ia mendapat kabar duka yang menimpa keluarganya itu dari tantenya di Kabupaten Pesisir Selatan.
 
Selain itu, Gian memiliki cita-cita yang mulia yakni ingin menjadi seorang ustadz.
 
Ia berharap semoga musibah yang menimpa keluarganya tidak menjadi penghalang untuk melanjutkan sekolah dan mewujudkan impiannya.

Baca juga: ACT Sumbar fasilitasi pemulangan 97 perantau Minang di Wamena

Baca juga: Lulusan UNP tetap ingin kembali mengajar ke Wamena


Menanggapi hal itu, Kepala Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumbar Zeng Wellf mengatakan ada salah seorang dermawan ACT yang bersedia membantu Gian untuk memberikan beasiswa melanjutkan sekolahnya.
 
"Untuk saat ini sampai tamat SMP dulu, nantinya jika ada niat mau melanjutkan sekolah, Insya Allah ada jalan dan akan Allah SWT memudahkan nantinya," demikian Zeng Wellf.

Baca juga: Wagub: Prioritaskan sekolah anak perantau Minang dari Wamena

Baca juga: Papua Terkini - 800 perantau Minang menunggu jemputan pulang

Baca juga: Tanah Datar galang dana bantu perantau Minang di Wamena

Pewarta: Laila Syafaruddin
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019