Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan menyatakan bahwa aksi unjuk rasa atau demonstrasi adalah hal yang diperbolehkan, tetapi diharapkan aktivitas tersebut jangan disertai dengan kegiatan pengrusakan fasilitas publik.

Luhut kepada wartawan di Jakarta, Selasa, juga menyatakan bahwa berbagai aspirasi yang disampaikan oleh pengunjuk rasa juga telah diterima dengan baik oleh pemerintah.

Menurut Luhut, terkait dengan kontroversi wacana Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang terkait UU KPK, ia menyebutkan bahwa produk perundangan tersebut kini sudah masuk ke dalam ranah yudikatif.


Baca juga: Demostrasi berkepanjangan berdampak negatif pada iklim investasi

Sebagaimana diwartakan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengimbau kepada para masyarakat Indonesia yang akan melakukan demonstrasi agar aksi unjuk rasa tersebut tidak diwarnai dengan kericuhan dan sikap anarkis.

Ia menuturkan unjuk rasa merupakan salah satu bentuk penyampaian aspirasi dari berbagai lapisan masyarakat yang apabila dilakukan dengan tertib dan tidak ada unsur anarkis maka akan semakin baik untuk perubahan Indonesia ke depannya.

“Selama tidak anarkis dan tidak menciptakan suasana kerusuhan yang kemudian menimbulkan ketakutan, saya anggap bahwa dinamika ini tetap sehat dan memang baik untuk Indonesia ke depan,” kata Sri Mulyani Indrawati ditemui di Jakarta, Selasa (1/10).

Ia berharap aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat bisa berjalan sesuai dengan koridor tata hukum nasional yaitu aman dan tertib sehingga juga tidak akan memberikan dampak yang negatif terutama terkait perekonomian Indonesia.

Baca juga: Menkeu imbau demonstrasi tidak diwarnai sikap anarkis

Sebelumnya, Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Fajar B. Hirawan optimistis aksi unjuk rasa mahasiswa di beberapa kota di Tanah Air termasuk di Jakarta beberapa waktu lalu tidak akan berpengaruh signifikan terhadap ekonomi RI.

"Hingar bingar politik seperti ini pun bukan kali pertama terjadi di Republik ini dalam kurun waktu satu tahun terakhir," kata Fajar dihubungi di Jakarta, Jumat (27/9).

Sebagai negara yang menganut paham demokrasi, kata dia, Indonesia sudah selayaknya terbiasa dengan aksi-aksi unjuk rasa apalagi ada payung hukum terkait kebebasan berpendapat di tempat umum.

Menurut dia, kondisi seperti itu sudah menjadi pemandangan lumrah bagi para pengusaha dan investor.

Terkait mata uang rupiah yang melemah, lanjut dia, masih dalam batas wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.

Baca juga: IHSG ditutup melemah terdampak aksi demonstrasi
Baca juga: Jasa Marga rugi miliaran Rupiah imbas kericuhan demonstrasi


 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019