Jakarta (ANTARA) - Rapat paripurna MPR RI dengan agenda pemilihan pimpinan yang akan mengumumkan 10 nama pimpinan MPR periode 2019-2024 akan diselenggarakan di Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu mulai sekitar pukul 10.00 WIB.

Rapat paripurna penetapan pimpinan yang akan dipimpin oleh anggota tertua dan anggota termuda MPR RI, juga akan dilanjutkan dengan pemilihan ketua MPR RI dari 10 nama pimpinan yang disampaikan oleh masing-masing fraksi serta kelompok DPD RI di MPR RI.

Pada rapat tersebut fraksi-fraksi di MPR RI dan Kelompok DPD RI masing-masing akan menyerahkan satu nama dari fraksinya maupun dari kelompoknya yang ditunjuk menjadi pimpinan MPR RI periode 2019-2014.

Baca juga: TNI kerahkan 6.000 personel amankan pelantikan anggota DPR/MPR RI

Kemudian dilakukan pemilihan ketua MPR RI dari 10 nama yang telah disampaikan oleh masing-masing fraksi dan kelompok, serta telah diumumkan oleh pimpinan rapat paripurna dan telah disetujui forum anggota MPR RI.

Setelah nama-nama tersebut diumumkan dan telah terpilih ketua MPR RI, kemudian akan dilanjutkan dengan pelantikan yakni pengambilan sumpah dan janji jabatan yang akan dipimpinan oleh Ketua Mahkamah Agung RI.

Sampai saat ini, beberapa nama calon pimpinan MPR RI yang telah beredar di media antara lain, Ahmad Basarah dari Fraksi PDI Perjuangan, Bambang Soesatyo (Fraksi Partai Golkar), Ahmad Muzani (Fraksi Partai Gerindra), Lestari Moerdijat (Fraksi Partai Nasdem), Cucun Ahmad Syamsurijal (Fraksi PKB).

Baca juga: Kata Gerindra Ketua MPR tradisinya diserahkan partai penyeimbang

Kemudian, Zulkifli Hasan dari Fraksi Partai Amanat Nasional, sementara itu, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera, belum menyebut siapa kadernya yang akan ditunjuk menjadi pimpinan MPR RI.

Dari Partai Persatuan Pembangunan kemungkinan besar akan menunjuk Arsul Sani menjadi pimpinan MPR RI, serta dari Kelompok DPD RI masih ada beberapa nama yang disebut-sebut akan disampaikan menjadi pimpinan DPD RI, antara lain, Jimly Asshiddiqie dan Fadel Muhammad.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019