Palu (ANTARA) - Jefri Wuaten, salah satu atlet andalan Sulawesi Tengah di PON XX Papua berhasil meraih medali perunggu di kejuaraan binaraga Asia yang berlangsung di Batam baru-baru ini.

Ketua Harian PABBSI Sulteng Wijaya Chandra di Palu, Rabu membenarkan salah satu atlet binaanya berhasil mengharumkan Indonesia di kejuaraan Asia yang diikuti para atlet terbaik dari sejumlah negara Asia itu.

Ia mengatakan keberhasilan tersebut merupakan catatan yang baik menghadapi PON XX di Papua yang dijadwalkan pada Oktober 2020.

Cabang binaraga, kata dia, merupakan salah satu dari beberapa cabang andalan Sulteng di PON tahun depan. Dan, atlet Sulteng dari cabang binaraga sudah dipastikan merebut tiket ke PON.

Menurut dia, Jefry memiliki catatan prestasi yang bagus selama beberapa tahun terakhir ini. Di berbagai kejuaraan Asia maupun dunia, atlet Sulteng itu mampu mengukir prestasi. Begitu pula di Kejurnas dan PON sebelumya.

Karena itu, kata pemilik kolam renang milenium Palu tersebut, Jefry menjadi salah satu atlet yang sangat diharapkan KONI Sulteng mampu mengukir prestasi cemerlang di PON Papua.

Ketua Umum KONI Sulteng Anwar Ponulele mengaku gembira atas prestasi yang dicapai oleh atlet binaraga Sulteng di kejuaraan Asia.

Menurut Anwar, untuk meraih medali di kejuaraan seperti itu tidak mudah, sebab banyak saingan yang harus dihadapi. Namun demikian, dengan latihan yang intensif dan semangat tinggi saat bertanding, pasti akan menghasilkan prestasi terbaik. "Inilah yang harus dimiliki oleh setiap atlet Sulteng," ucapnya.

KONI Sulteng telah menetapkan beberapa cabang unggulan di PON XX Papua, seperti tinju, dayung, pencak silat, karate, binaraga, sepak takraw, judo, dan atletik.

Hingga kini, sudah ada beberapa cabang yang telah mengikuti Prakualifikasi PON dan atlet Sulteng mampu merebut tiket ke PON XX.

Pewarta: Anas Masa
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019