Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berharap para anggota legislatif di DPR RI yang baru dilantik menyuarakan kepentingan pemuda Indonesia.

“Kami berharap dari wakil rakyat usia muda ini agar menyuarakan kepentingan pemuda, menyusun legislasi yang berpihak pada dorongan partisipasi kaum muda,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Sholeh di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa malam.

Pernyataan tersebut disampaikan Asrorun dalam Peluncuran Bulan Pemuda 2019 sekaligus menyambut Hari Sumpah Pemuda ke-91 yang jatuh pada 28 Oktober mendatang.

Peluncuran tersebut ditandai dengan silaturahmi tokoh legenda pemuda, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian logo, tema, dan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan di bulan pemuda. Selain itu, turut hadir juga Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta dan mantan Menpora periode 2013-2104 Roy Suryo.

Lebih lanjut, Asrorun mengatakan momentum bulan pemuda ini bersamaan dengan pelantikan anggota DPR RI, di mana dari 575 anggota terdapat sekitar 20 orang anggota yang berusia muda di bawah 30 tahun.

Baca juga: MPR, DPR, DPD gelar pelantikan anggota baru

“Tentu ini perlu diapresiasi walaupun dari sisi persentase seharusnya mencapai 26 persen minimal setara dengan jumlah kaum muda indonesia usia 16-30 tahun yang mencapai 62 juta atau setara 26 persen,” ujar Asrorun.

Bulan Pemuda 2019 mengusung tema “Bersatu Kita Maju” sebagai simbol bersatunya semua elemen pemuda bangsa Indonesia dalam mewujudkan visi kepemimpinan nasional bangsa yakni SDM Unggul Indonesia Maju.

Bulan Pemuda yang dicanangkan Kemenpora itu akan diisi oleh beberapa kegiatan di antaranya apresiasi pemuda berprestasi, anugerah kota layak pemuda, lomba essay kepemudaan, dan pekan pemuda kreatif.

Baca juga: Menpora baru mulai ngantor, inventarisir agenda strategis

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019