Kudus (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa delapan saksi dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, maupun dari pihak swasta terkait kasus dugaan suap Bupati Kudus nonaktif Muhammad Tamzil, Selasa.

"Jumlah saksi yang akan diperiksa oleh KPK direncanakan ada delapan saksi untuk hari ini (1/10)," kata Kapolres Kudus AKBP Saptono melalui Kasat Reskrim AKP Rismanto di Kudus, Selasa.

Baca juga: KPK diperkirakan periksa 60 saksi terkait kasus Muhammad Tamzil

Kabag Humas Polres Kudus AKP Sardi menambahkan pemeriksaan saksi oleh KPK diagendakan selama tiga hari dimulai hari ini (1/10).

Dari sejumlah saksi tersebut, kata dia, ada Sekretaris Daerah Kabupaten Kudus Sam'ani Intakoris yang diperiksa hari ini (10/1) serta Rina Tamzil juga diagendakan untuk diperiksa meskipun belum diketahui jadwal pastinya.

Baca juga: KPK duga ada pemberian sebelumnya terkait kasus Bupati Kudus

Terkait jumlah personel KPK, dia mengaku, tidak mengetahui secara pasti karena hanya sebatas ketempatan untuk pemeriksaan saksi.

Adapun tempat untuk meminta keterangan saksi, yakni di ruang Bagian Operasi Polres Kudus.

Baca juga: KPK jelaskan konstruksi perkara kasus Bupati Kudus

Delapan saksi yang diperiksa di Mapolres Kudus, yakni Sekda Kudus Sam'ani, Asisten Perekonomian Ali Rifai, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kasmudi, Hendro dari Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kudus, sedangkan dari Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga terdapat nama Muh Zubaidi, Supriyono, dan Ani Susmadi, serta satu orang dari pihak kontraktor.

Terkait pemeriksaan saksi tersebut, Sekda Kabupaten Kudus Sam'ani Intakoris ketika dihubungi lewat telepon genggam belum ada respons.

Baca juga: KPK sesalkan Bupati Kudus Tamzil kembali terjerat kasus korupsi

Sementara itu, Asisten Perekonomian Setda Kudus Ali Rifai mengakui diperiksa oleh KPK di Mapolres Kudus hari ini (1/10).

"Pertanyaan yang diajukan terkait panitia seleksi perusahaan daerah. Hanya saja, saya lupa jumlah pertanyaan yang diajukan," ujarnya.

Berdasarkan informasi dari Pemkab Kudus, sebelumnya sudah ada 60-an saksi yang diperiksa oleh KPK baik dari unsur aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kudus, pihak swasta serta anggota DPRD Kudus.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, Muhammad Tamzil ditetapkan menjadi tersangka oleh KPK atas dugaan menerima suap terkait pengisian jabatan di wilayahnya.

Dalam kasus tersebut, KPK menetapkan tiga tersangka, dua di antaranya, yakni staf khusus Bupati Agus Soeranto dan Plt Sekretaris Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kudus Akhmad Sofyan.

Bupati Kudus nonaktif tersebut, diduga menerima uang sebesar Rp250 juta dari Akhmad melalui Agus.

Uang tersebut diduga hendak digunakan untuk kepentingan pribadi. 

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019