Waykanan (ANTARA) - Polres Waykanan, Lampung mendistrisbusikan air bersih untuk masyarakat kabupaten setempat menggunakan kendaraan taktis water canon menyusul musim kemarau sejak beberapa bulan terakhir.

"Kegiatan pembagian air bersih ini sebagai inisiatif kepolisian dimana musim kemarau kali ini cukup panjang,sementara sebagian warga Waykanan kekurangan air," kata Kabag Ops Polres Waykanan, Kompol Yudhi Pristiwanto, dalam keterangannya, Sabtu.

Baca juga: Warga Mesuji Lampung mulai alami krisis air bersih

Ia menyebutkan, pembagian air bersih ini dilaksanakan sejak dua hari terakhir di delapan kelurahan, Blambangan Umpu Waykanan.

Pembagian air bersih ini juga dipimpin bersama Kasat Sabhara Iptu I Dewa Gede Anom dan personel Sabhara dengan menggunakan kendaraan Armored Water Canon (AWC).

Warga masyarakat yang kesulitan air bersih bisa terbantu atas kehadiran kendaraan dinas Polres Waykanan dalam berbagi air bersih.

Sebenarnya kendaraan taktis (rantis) AWC ini, adalah salah satu sarana dan prasarana yang dimiliki Polres Waykanan dalam membantu penanggulangan unjuk rasa.

Baca juga: Petani Lampung cari alternatif pencaharian di masa kemarau

Menurut dia, hal ini pertama kalinya di gunakan untuk membantu masyarakat dalam berbagi air bersih di musim kemarau.

Kendaraan taktis tersebut memang menjadi andalan Polri menghadapi demonstran yang anarkis terlebih untuk pemadam kebakaran terkadang sering difungsikan jika terjadi kebakaran di daerah lahan dan perkebunan.

"Water canon DWC6500 ini sanggup membawa 8.000 liter air sekali jalan,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengimbau memasuki musim kemarau, meminta masyarakat untuk berperan aktif dalam pencegahan dengan memberikan informasi apabila mengetahui adanya kebakaran lahan atau hutan.

Baca juga: Ratusan hektare sawah di Tulangbawang Barat kekeringan

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019