Kami minta masyarakat jika mengajukan permohonan pendistribusian air bersih agar diketahui aparat desa dan kecamatan, karena menggunakan dana pemerintah,
Lebak (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak menyebutkan sebanyak 19 kecamatan di daerah itu mengalami krisis air bersih akibat kemarau panjang.

"Kami terus mengoptimalkan pendistribusian air bersih ke permukiman penduduk," kata Kepala Seksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lebak, Madias di Lebak, Sabtu.

Masyarakat yang dilanda krisis air bersih itu tersebar di 19 kecamatan yakni Kecamatan Sajira, Cipanas, Bojongmanik, Leuwidamar, Cirinten, Warunggunung, Gunungkencana, Cihara, Wanasalam dan Panggarangan.

Baca juga: BPBD Lebak terus optimalkan distribusi air bersih

Lalu Kecamatan Bayah, Cigemblong, Cijaku, Cilograng, Cimarga, Muncang, Bayah, Cilograng dan Cibadak.

Mereka mendapatkan air untuk keperluan mandi, cuci dan kakus (MCK) terpaksa memanfaatkan aliran sungai juga membuat lubang di tepi sekitar aliran sungai guna menampung air.

Selain itu, juga mereka mengantri sejak dinihari di lokasi sumber mata air setempat dan juga ada memanfaatkan air kolam dengan kondisi berubah warna hingga hijau.

Selama ini, tambahnya krisis air bersih di Kabupaten Lebak berlangsung sejak tiga bulan lalu.

Karena itu, BPBD Lebak menetapkan status siaga bencana kekeringan dengan menyalurkan bantuan pendistribusian air bersih.

"Kami minta masyarakat jika mengajukan permohonan pendistribusian air bersih agar diketahui aparat desa dan kecamatan, karena menggunakan dana pemerintah," lanjutnya.

Menurut dia, diperkirakan masyarakat yang dilanda krisis air bersih dipastikan jumlah daerahnya bertambah.

Sebelumnya, kata Madias kecamatan yang mengalami krisis air bersih tersebar di 17 kecamatan, terlebih curah hujan hingga kini belum turun.

Baca juga: Krisis air bersih di Lebak meluas hingga 16 kecamatan

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, tambahnya pendistribusian dilakukan secara bergiliran karena terbatasnya angkutan kendaraan tangki.

BPBD hari ini menyalurkan air bersih ke wilayah Lebak bagian tengah meliputi Kecamatan Cimarga, Bojongmanik, Leuwidamar dan Cirinten.

"Kami menyalurkan pasokan bantuan air bersih ke daerah itu sebanyak 24 ribu liter dan mencukupi untuk tiga hari ke depan," ujarnya.

Sejumlah warga Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak mengaku bahwa masyarakat merasa lega setelah mendapat bantuan air bersih dari tangki BPBD setempat.

Selama ini, warga di sini sudah biasa jika musim kemarau dilanda krisis air bersih.

"Kami berharap setiap pekan mendapatkan bantuan air bersih untuk kebutuhan MCK," kata Samsudin, warga Desa Girijaya Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak.

Baca juga: 14 kecamatan di Lebak krisis air bersih
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019