Ada persaingan untuk mendapatkan tempat dan semua pemain ingin bermain
Jakarta (ANTARA) - Penjaga gawang Barcelona Marc-Andre ter Stegen mengatakan adalah "tidak pantas" Manuel Neuer mengkritik dia gara-gara mengungkapkan keinginannya untuk bermain lebih sering bagi timnas Jerman.

Ter Stegen (27) sudah menjadi kiper nomor satu Barca sejak Claudio Bravo pindah ke Manchester City pada 2016, namun tetap saja menjadi kiper kedua setelah Neuer di timnas Jerman.

Setelah sama sekali tidak diturunkan saat melawan Belanda dan Irlandia Utara dalam jeda internasional pekan lalu, Ter Stegen mengungkapkan keresahannya bahwa adalah pukulan teramat keras bagi dia sama sekali tidak dimainkan.

Neuer menanggapi pernyataan dia itu dengan menyebutnya tidak berguna. Kiper Bayern Muenchen itu menambahkan bahwa Ter Stegen tak ngomong apa-apa saat bersama timnas Jerman. Dia juga disebut tidak menghormati kiper-kiper lain yang menginginkan diturunkan bermain, yakni kiper Arsenal Bernd Leno dan penjaga gawang Eintracht Frankfurt Kevin Trapp.

Baca juga: Hasil Grup C, Jerman rebut puncak tapi Belanda membayangi

"Ada persaingan untuk mendapatkan tempat dan semua pemain ingin bermain," kata Ter Stegen dalam jumpa pers menjelang laga Liga Champions melawan Borussia Dortmund di Jerman, Rabu dini hari nanti.

"Itulah sepak bola. Ada kalanya Anda bahagia, tetapi di waktu lain ada perasaan lain. Saya punya ekspektasi dan saya harus mengekspresikannya."

"Anda bisa melihat betapa saya santun bertahun-tahun dan saya tak menganggap Neuer atau yang lain harus membahas perasaan saya atau menilai mereka. Komentar dia tidak pantas, tapi saya tak ingin berkata lebih lagi, saya ingin mengakhiri semua kontroversi ini," papar dia dalam laman ESPN.

Ter Stegen sudah 22 kali membela timnas Jerman, tapi hanya sekali diturunkan selama 2019, padahal sudah dijanjikan akan banyak diturunkan pada kualifikasi Euro 2020 oleh pelatih Joachim Low. Satu-satunya penampilan dia untuk timnas tahun ini adalah saat melawan Serbia dimana dia bermain selama 45 menit.

Baca juga: Belanda permalukan Jerman saat bertandang ke Hamburg

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019